Rekomendasi Aplikasi Kompres Video di Laptop

10 Aplikasi Kompres Video Di Laptop Gratis (Terbaik 2022)

Ukuran video yang terlalu besar kadang menyulitkan kita untuk saling berbagi. Biasanya ukuran video yang besar juga memiliki kualitas video yang besar pula. Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memperkecil ukuran video Anda. Jika ukuran video sudah lebih kecil, maka Anda akan lebih mudah untuk mengunggah ataupun mengirimnya. Saat ini sudah banyak aplikasi yang menawarkan fitur pengompresan video.

10 Aplikasi Kompres Video Di Laptop

Pada artikel kali ini akan membahas 10 rekomendasi aplikasi kompres video di laptop yang dapat digunakan secara gratis dan tentunya mudah digunakan. Langsung saja, tanpa perlu berlama-lama silakan simak pembahasannya di bawah ini.

1. Handbrake

Handbrake

Aplikasi kompres video di laptop atau PC pertama yang kami rekomendasikan adalah Handbrake. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang mampu mengecilkan ukuran video Anda tanpa mengurangi kualitasnya secara signifikan. Aplikasi Handbrake ini juga mampu mengubah berbagai macam format video menjadi format lainnya.

Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan sistem operasi Mac karena aplikasi Handbrake ini dapat digunakan di berbagai platform baik Windows, Mac, maupun Linux. Bukan hanya dapat mengompres video, tapi Anda juga dapat mengubah FLS video, codec, dan parameter lainnya. Bahkan aplikasi HandBrake pun mendukung VFR dan CFR untuk video yang hendak dikompres.

2. Avidemux

Avidemux adalah Aplikasi Kompres Video

Avidemux merupakan salah satu aplikasi kompres video terbaik yang dapat Anda gunakan dengan mudah. Anda tidak perlu membeli lisensi karena aplikasi ini gratis digunakan oleh siapa saja. Bukan hanya dapat mengompres video saja, tapi aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memotong hingga encode video.

Tidak heran banyak orang yang suka dengan aplikasi Avidemux ini. Aplikasi ini mendukung berbagai macam format video, seperti MP4, AVI, dan DVD. Anda tidak perlu khawatir dengan sistem operasi yang didukung, karena hampir semua sistem operasi dapat menggunakan aplikasi Avidemux ini seperti Windows, MacOS, ataupun Linux.

3. Windows Movie Maker

Tampilan Windows Movie Maker

Jika Anda pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows, maka sudah dipastikan Anda sudah tahu dengan aplikasi pengompres video satu ini. Biasanya aplikasi Windows Movie Maker ini sudah terinstal di PC atau laptop Windows, namun jika Anda belum memilikinya silakan Anda unduh aplikasi ini secara gratis melalui situs web resminya.

Tidak perlu khawatir dengan ukuran aplikasinya, karena Windows Movie Maker ini memiliki ukuran yang cukup kecil serta mempunyai tampilan antar muka yang sederhana dan mudah dimengerti. Fitur-fitur yang dimilikinya pun sangat lengkap sehingga sangat cocok digunakan oleh para pemula.

4. VideoPad

Videopad Video Editor adalah Aplikasi Kompres Video di Laptop

Aplikasi pengompres video yang paling sering digunakan selanjutnya adalah VideoPad – Video Editor. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat digunakan dengan mudah oleh para penggunanya. Anda dapat melakukan penyuntingan video sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Jadi, bukan hanya dapat mengompres saja tapi Anda juga dapat merotasi video, memotong durasi, mengatur jarak video, bahkan Anda juga dapat memperbesar suara yang terdapat di dalam video. Aplikasi VideoPad ini juga memiliki tampilan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan. Anda hanya perlu memasukkan video yang hendak dikompres, kemudian mulai encode sebelum menyimpan ulang video yang telah Anda kompres.

5. Advanced Video Compressor

Advanced Video Compressor

Rekomendasi aplikasi pengompres video di laptop selanjutnya adalah Advanced Video Compressor. Aplikasi ini tidak memerlukan biaya apapun alias gratis baik pemula ataupun profesional. Selain untuk mengompres video, aplikasi ini juga dapat memperkecil atau mengubah format video yang Anda miliki sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda.

Aplikasi Advanced Video Compressor memiliki beberapa kelebihan salah satunya adalah mendukung berbagai jenis format video, seperti MP4, AVI, MOV, FLV, serta berbagai jenis format video lainnya. Selain itu, ada berbagai pilihan yang dapat Anda pilih untuk mengompres video, seperti ukuran, kualitas gambar atau layar, sampai codec video.

6. Format Factory

Format Factory adalah Aplikasi Kompres Video di Laptop

Aplikasi Format Factory merupakan salah satu aplikasi kompres video yang dapat Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video yang Anda miiki. Aplikasi ini termasuk saah satu aplikasi yang bersifat open source dan dapat digunakan dengan mudah. Selain digunakan untuk mengompres video, aplikasi ini juga dapat mengubah ukuran, format video, audio, ataupun gambar.

Banyak sekali pilihan menu yang dapat Anda pilih di dalam aplikasi Format Factory ini, termasuk pengaturan kompres video secara spesifik seperti ukuran layar, resolusi, FPS, dan berbagai pengaturan lainnya. Namun, jika Anda tidak memerlukan pilihan tersebut, Anda juga bisa langsung  memilih kualitas, dan ukuran video sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan lainnya dari aplikasi Format Factory ini adalah terdapat pilihan mobile, jika Anda ingin mengirim video tersebut melalui handphone atau aplikasi WhatsApp Anda tidak perlu lagi susah-susah mencari persoalan teknis yang berkaitan dengan video mobile.

7. Wondershare Video Converter

Wondershare Video Converter

Wondershare Video Converter merupakan salah satu aplikasi yang paling ampuh untuk mengubah ukuran video. Bukan hanya dapat digunakan untuk mengompres video saja, tapi aplikasi Wondershare Video Converter pun tetap dapat digunakan untuk mengkonversi video, dan proses penyuntingan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan format video karena aplikasi ini mendukung hampir seluruh format video. Anda dapat mengubah format video yang Anda miliki menjadi format apapun pula. Selain itu, salah satu fitur yang menjadi andalan aplikasi ini adalah dapat mengubah video biasa menjadi VR (Virtual Reality) yang kini sedang menjadi tren. Inilah yang menjadi alasan mengapa para Youtuber lebih menyukai aplikasi ini.

8. Miro Video Converter

Download Miro Video Player

Miro Video Converter merupakan sebuah aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk mengurangi ukuran video, sekaligus dapat digunakan untuk mengkonversi ekstensi secara lengkap dengan berbagai macam pilihan pengeditan pada videonya.

Aplikasi Miro Video Converter ini sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu melakukan drag dan drop video yang diinginkan kemudian dilanjutkan dengan mengatur jenis format hasil video. Tampilan antarmuka yang dimilikinya pun sangat simel dengan paduan warna hitam. Selain itu, Miro Video Converter juga memungkinkan Anda untuk melakukan penyuntingan lebih dari satu video. Jadi, Anda bisa menghemat waktu lebih banyak.

9. Vidcoder

Download VidCoder Terbaru

Aplikasi Vidcoder mungkin sudah tidak asing lagi bagi para Youtuber. Aplikasi kompres video satu ini memang sudah cukup terkenal ampuh untuk mengubah ukuran atau format video sesuai dengan kebutuhan. Meskipun aplikasi ini dapat mengubah atau mengecilkan ukuran video, namun kualitas gambar ataupun video secara signifikan tidak ada pengurangan.

Aplikasi Vidcoder ini cocok untuk para pemula, jadi Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. Anda dapat mengubah rate, bitrate, dan berbagai parameter yang kamu butuhkan dengan sangat mudah.

10. Freemake Video Converter

Freemake Video Converter Tampilan

Aplikasi pengompres video terakhir yang akan kita bahas adalah Freemake. Aplikasi Freemake ini tidak berbayar alias gratis. Meskipun gratis aplikasi ini tetap memberikan banyak kelebihannya, seperti mendukung berbagai format video, tampilan antarmuka yang sederhana namun tetap menarik, dan dapat digunakan untuk mengompres video, audio, ataupun gambar.

Anda juga dapat mengatur sendiri hasil kompres video yang sesuai dengan kebutuhan. Adapun kelebihan lain dari aplikasi ini adalah sering memberikan rekomendasi ukuran dan pengaturan lainnya agar video kompres yang akan dihasilkan tetap memiliki kualitas yang baik meskipun telah diubah format ataupun ukurannya.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang 10 Aplikasi Pengompres Video di Laptop. Kebanyakan aplikasi di atas tidak akan mengurangi kualitas video Anda meskipun sudah dikompres. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terimakasih 🙂

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments