• Our Partners:

Rekomendasi Situs Download Backsound Gratis

10 Rekomendasi Situs Download Backsound Gratis (Terlengkap)

Instrumen musik pada video kreasimu sering terkena copyright? Mengandalkan situs download backsound gratis adalah solusi terbaik untuk menghindari pelanggaran hak cipta yang akhirnya membuat videomu harus dihapus.

Ya, di era digital saat ini, profesi content creator semakin menjamur. Terlebih, berbagai platform sharing video pendek seperti TikTok memudahkan siapa saja untuk membagikan konten-konten dalam format video terbaik mereka.

Membuat konten video tentu harus didukung sound effect atau backsound yang mumpuni. Kamu wajib menggunakan elemen ini untuk menarik perhatian banyak orang. Sayang, adanya aturan copyright tak bisa membuatmu sembarangan menggunakan lagu atau musik instrumental sekalipun.

10 Daftar Situs Download Backsound Gratis

Menciptakan video yang menarik butuh effort besar. Selain menguasai teknik pengambilan gambar, kamu juga harus punya skill editing yang ciamik. Jika tidak, tentu sulit bagi konten buatanmu mendadak viral dan disukai banyak orang.

Dalam proses editing video, backsound memegang peran penting. Jika kamu takut terkena copyright yang menjadi alasan banyak video akhirnya di-takedown oleh YouTube maupun platform lainnya, kamu bisa memanfaat situs download backsound gratis.

Tempat penyedia audio untuk video ini selain gratis, pastinya sudah bebas hak cipta sehingga kamu tak perlu khawatir dengan resiko plagiarisme. Menarik, bukan?

Mana saja yang terbaik? Kamu bisa mengunjungi situs-situs rekomendasi kami berikut ini. Simak baik-baik dan temukan mana yang jadi favoritmu, ya!

1. No Copyright Sounds (NCS)

No Copyright Sounds (NCS)

Buat kamu yang hobi mendengarkan musik EDM di YouTube, tentu ikon bertuliskan ‘NCS’ sudah tak asing lagi. Tidak hanya sebatas channel YouTube saja, NCS atau yang merupakan singkatan dari ‘No Copyright Sounds’ adalah situs yang menyediakan ragam audio untuk para content creator.

Ya, dengan mengunjungi situs resminya, kamu akan menemukan ratusan audio gratis yang bisa digunakan untuk konten video yang sedang digarap.

Tak perlu cemas karena setiap koleksi yang ada di NCS adalah backsound bebas hak cipta. Ini artinya, audio dengan instrumen bass, drum, dubstep, hingga elektropop yang tersaji di situs ini bisa digunakan siapa saja.

2. BenSound

Situs Download Backsound Gratis BenSound

Hak cipta pada lagu cukup krusial. Maka dari itu, penting bagimu untuk selalu hati-hati sebelum menggunakannya sebagai backsound. Walau kamu suka dengan satu instrumen, bukan berarti ia bisa digunakan sembarangan.

Biar tak cemas, kamu bisa mengunjungi website penyedia audio bebas copyright bernama BenSound. Website ini punya katalog instrumen musik yang terbilang lengkap, lho.

Kamu hanya perlu memasukkan credit pada video yang kamu buat jika menggunakan audio dari BenSound sebagai backsound-nya. Mudah, bukan?

3. Audio Library

Audio Library

Audio Library adalah satu satu penyedia instrumen musik gratis yang layak kamu kunjungi situsnya. Katalognya terbilang lengkap sehingga cocok dengan apapun tema video yang sedang kamu garap.

Yang menarik, siapa saja bisa mempublikasikan musik kreasi mereka ke situs Audio Library ini sehingga bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan instrumen terbaru yang masih jarang digunakan oleh content creator lain.

Namun, sebelum menggunakan instrumen musik untuk vlog atau video TikTok dan Reels yang kamu inginkan, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuannya, ya!

4. Pixabay

Situs Download Backsound Terbaru Pixabay

Tak hanya menjadi situs download foto bebas hak cipta, Pixabay juga memiliki koleksi instrumen musik yang juga copyright free, recommended untuk kamu yang sedang mencari backsound bebas royalti!

Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis audio dari berbagai genre, termasuk genre Lofi yang sedang digandrungi saat ini di Pixabay ini.

Tidak lupa, pastinya tersedia fitur preview yang memungkinkanmu untuk mendengarkan terlebih dahulu instrumen musik sebelum mengunduhnya ke perangkatmu.

5. HookSounds

HookSounds

Mencari backsound yang 100% gratis tanpa syarat? Tanpa perlu pikir panjang, kamu bisa langsung meluncur ke situs menarik bernama HookSounds.

Tak seperti situs download sound effect gratis lainnya, HookSounds memiliki jajaran produser musik sendiri sehingga secara kualitas, kamu akan mendapatkan audio yang mumpuni yang nantinya bisa digunakan untuk video Reels, TikTok, podcast, YouTube, dan masih banyak lagi.

HookSounds juga mengelompokkan setiap koleksi audionya ke dalam kategori yang dipisahkan berdasarkan mood. Mau cari musik yang relaxing atau yang energik? Kamu cukup klik saja pada homepage situs!

6. SoundCloud

Situs Download Backsound SoundCloud

Siapa tak kenal SoundCloud? Platform ini adalah tempatnya berbagai musisi indie mempublikasikan karya mereka secara cuma-cuma. Kamu juga bisa saling berinteraksi karena sejatinya SoundCloud adalah platform jejaring sosial.

Ya, SoundCloud menjadi situs download backsound yang layak untuk kamu kunjungi jika sedang cari musik untuk vlog bebas hak cipta. Koleksinya cukup beragam dan cocok untuk mendukung vlog maupun video pendek.

Di situs ini, jumlah likes dan retweet ditampilkan pada setiap postingan yang dibagikan user sehingga kamu bisa memilah dan memilih sound mana yang sedang viral dan cocok untuk videomu.

7. Snapmuse

Snapmuse

Ribuan musik bebas copyright bisa kamu temukan di situs menarik bernama Snapmuse. Situs ini merupakan tempat penyedia backsound gratis bebas royalti yang lebih direkomendasikan untuk video berdurasi panjang, contohnya konten vlog YouTube.

Yang menarik dari Snapmuse, mereka memiliki kategori instrumen musik mana saja yang cocok dengan tema vlog YouTube yang sedang kamu buat, apakah tentang travelling, mukbang, atau komedi.

Semuanya tersaji lengkap pada satu situs yang bisa kamu akses dan download audionya dengan mudah. Namun, perlu dicatat, Snapmuse tidak sepenuhnya gratis, ya!

8. ccMixter

ccMixter

Sedang menggarap project dan butuh audio untuk mendukung sinematografi yang kamu buat? Kamu bisa meluncur ke situs bernama ccMixter.

Berbeda dengan situs penyedia musik gratis yang sudah kami sebutkan sebelumnya, ccMixter tampil lebih profesional karena setiap instrumen musiknya dibuat langsung oleh musisi-musisi yang sudah tidak asing dengan dunia musik.

Sejatinya, ccMixter adalah platform yang menjembatani musisi dengan audience dari mana saja. Fitur download gratis dan penggunaan instrumen musik bebas hak cipta oleh siapa saja kemudian menjadikan ccMixter andalan banyak orang untuk mendapatkan backsound untuk video mereka.

9. Chosic

Situs Download Backsound Gratis Chosic

Jika tampilan ccMixter membuatmu bingung, masih banyak alternatif tempat download musik untuk vlog lainnya yang bisa kamu gunakan. Chosic adalah rekomendasi kami berikutnya.

Apapun kebutuhanmu, membuat video untuk pribadi maupun bisnis, semua bisa diakomodir dengan baik oleh koleksi musik bebas royalti yang disediakan Chosic.

Kamu bahkan bisa menemukan musik-musik yang mungkin belum pernah kamu dengarkan sebelumnya lewat fitur menarik yang disediakan Chosic, Random Songs Picker. Siapa tahu, instrumen musik acak yang kamu temukan cocok dengan tema vlog-mu.

10. Monstercat

Monstercat

Sama seperti NCS, kamu mungkin sering melihat logo Monstercat wara-wiri pada playlist lagu EDM yang kamu putar lewat YouTube. Tak hanya sekadar channel berbagai musik EDM, Monstercat juga menyediakan koleksi audio bebas pakai untuk kebutuhan para content creator, lho.

Ya, Monstercat sendiri sebenarnya merupakan label rekaman yang berdiri sejak 2011 lalu. Sukses mengorbitkan banyak musisi EDM, situs Monstercat sudah memiliki lebih dari 7 juta pengguna aktif saat ini.

Para pengguna aktif ini menjadikan Monstercat sebagai solusi terbaik untuk download musik bebas lisensi. Jika kamu ingin membuat vibe videomu makin ciamik, situs ini wajib kunjung!

Keberadaan situs download backsound gratis tentu memberi kemudahan bagi para content creator untuk memaksimalkan kreasi video mereka. Situs-situs di atas adalah pilihan terbaik untuk kamu yang sedang mencari instrumen musik bebas hak cipta.

Menggunakan backsound yang 100% gratis tentu meminimalisir videomu untuk di-takedown karena tuduhan plagiarisme.

Jika sudah begini, tentu proses editing yang memakan banyak waktu akan sia-sia. So, cermatlah sebelum menggunakan backsound untuk kontenmu, ya!

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend