• Our Partners:

Review Vivo V23 Pro 5G, Smartphone Stylish Kaya Fitur

Review Vivo V23 Pro 5G, Smartphone Stylish Kaya Fitur

NESABAMEDIA.COMLima tahun lalu, segmen menengah atas hanya didominasi oleh dua atau tiga pemain saja, namun kini hal tersebut telah berubah. Dengan meningkatnya daya beli masyarakat, kategori tersebut akhir-akhir ini mulai kedatangan banyak pemain baru, seperti iQOO dan juga Vivo, yang sebelumnya menjadi nama besar di segmen anggaran dan mulai menjelajahi wilayah baru. Dalam perjalanannya ini, Vivo pun memperkenalkan smartphone premium V23 Pro 5G.

Di atas kertas, smartphone ini hadir dengan banyak sekali fitur untuk sebuah produk dengan harga Rp5,7 jutaan, yang lebih unggul dalam hal harga dibandingkan kompetitornya. Namun apakah smartphone ini memang lebih layak dibandingkan para pesaingnya?

Desain

Vivo mengadopsi desain elemen dari X70 Pro. Varian warna Stardust Black terlihat sangat keren dan mampu menjaganya dari noda sidik jari. Perusahaan juga menawarkan pelindung silikon transparan untuk memastikan perangkat bisa melayani pengguna dalam waktu yang lama. Pelindung itu akan menjaga perangkat dari goresan atau retakan ketika tidak sengaja terjatuh dan tergores koin atau pena saat dikantongi.

Vivo V23 Pro juga hadir dalam varian warna Sunshine Gold yang terlihat spesial dan unik di industri smartphone saat ini. Tidak seperti pesaingnya yang akan menampilkan warna berbeda ketika dilihat dari sudut pandang lain, smartphone ini mampu berubah warna dari Glossy Gold ke Emerald Green ketika terkena sinar matahari secara langsung dalam beberapa menit. 

Karena keterbatasan desain yang ramping, Vivo tidak menyediakan colokan audio, namun mereka menawarkan converter Type-C ke 3.55mm dalam paket pembelian. 

Di bagian depan, Vivo V23 Pro memiliki layar Full HD Plus berukuran 6.56 inci dengan panel AMOLED yang mendukung kecepatan refresh hingga 90Hz, dukungan konten HDR 10 Plus, dan touch sampling 240Hz. Ini adalah sekian dari smartphone premium yang menawarkan tingkat kecerahan sampai 1,300 nits dan menawarkan pengalaman visual yang apik ketika membaca konten di bawah sinar matahari langsung. 

Kinerja

Smartphone ini ditenagai oleh MediaTek Dimensity 1200, dengan kecepatan CPU maksimum sebesar 3GHz. Perangkat ini, tidak peduli besarnya sumber daya yang dikonsumsi oleh aplikasi, bisa memberikan kinerja yang lancar tanpa adanya lag. Chipset itu terintegrasi dengan GPU ARM G77 MC9. 

Vivo V23 Pro hadir dengan pilihan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, serta RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB. Smartphone ini juga mendukung RAM Virtual, yang artinya apabila memiliki ruang penyimpanan berlebih, pengguna bisa mengalokasikannya sebagai RAM, yang jumlahnya bisa ditambahkan sebesar 4GB. Ini berarti, RAM 8GB-nya bisa ditingkatkan menjadi 12GB. 

Smartphone Vivo V23 Pro memiliki teknologi pendingin uap baru yang membuat perangkat tersebut mampu menghilangkan panas lebih baik saat melakukan tugas berat, seperti merekam video 4K atau memainkan game dengan grafis intens. 

Lebih lanjut, perangkat ini hadir dengan Android 12 dan skin Funtouch OS out of the box. Beberapa hal menarik di sini adalah dashboard privasi dan pengguna mampu untuk dengan mudah melacak aplikasi yang menggunakan mikrofon dan kamera. 

Dalam kondisi penggunaan normal, smartphone ini mampu bertahan sampai 12 jam secara aktif. Bahkan terkadang masih ada sisa 15 sampai 20% sebelum tengah malam. Ini belum termasuk dukungan pengisian cepat 44W, yang mampu mengisi baterai dari nol sampai penuh dalam waktu sekitar 60 menit saja. 

Kamera

Di panel belakang, terdapat tiga modul kamera, dengan kamera utama 108MP, kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 2MP beserta flash LED. Smartphone ini mampu menghasilkan tangkapan gambar yang baik di siang hari dengan banyak sinar matahari. 

Mode malam, mampu menampilkan gambar subyek yang tajam, dan mendetail di layar untuk ukuran smartphone. Namun ketika melihat hasil gambar di layar dengan ukuran monitor PC, background terlihat memiliki banyak noise. Namun hal ini pada dasarnya adalah masalah umum yang terjadi pada kamera smartphone lainnya juga. Apalagi kebanyak pengguna melihat hasil gambar ini di media sosial melalui smartphone, jadi masalahnya tidak terlalu besar. 

Kamera makronya juga mampu memberikan hasil gambar yang baik dalam tingkat rata-rata. Memang butuh upaya lebih untuk mengatur fokus pada objek gambar dalam jarak dekat. Namun dengan kesabaran, hasilnya juga terlihat sangat baik. 

Sementara itu kamera depannya adalah dual kamera dengan kamera utama 50MP dan kamera ultra-wide 8MP dilengkapi dengan spotlight flash dual-tone. Ini mampu mengambil gambar selfie dengan sempurna, berkat dukungan flash tambahan tersebut. Hasil foto terlihat baik dalam kondisi kurang cahaya, di bandingkan kamera selfie di smartphone yang setara. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend