Samsung Solid Sebagai Produsen Smartphone Top Dunia, Xiaomi Tumbuh Paling Signifikan

Samsung Solid Sebagai Produsen Smartphone Top Dunia, Xiaomi Tumbuh Paling Signifikan

NESABAMEDIA.COMSamsung mampu mempertahankan posisi sebagai produsen smartphone terbaik dunia. Di sisi lain, brand yang paling signifikan mengalami pertumbuhan adalah Xiaomi. Informasi ini dilaporkan oleh IDC, yang baru saja menerbitkan laporan statistik mengenai pasar smartphone untuk tahun 2021 secara keseluruhan dan secara khusus untuk kuartal keempat di tahun yang sama.

Samsung dilaporkan mampu menjual sebanyak 272 juta unit smartphone, dan meraih pangsa pasar sebesar 20.1%. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 6% secara tahunan. Kemudian Apple berada di posisi kedua dengan mampu menjual sebanyak 235.7 juta smartphone, tumbuh sebesar 15,9% secara tahunan. Apple mendapatkan pangsa pasar sebesar 14.1% yang merupakan pertumbuhan 29.3% untuk year on year. 

Sementara itu, dari 5 teratas perusahaan smartphone dunia, Xiaomi adalah yang paling signifikan mengalami pertumbuhan. Oppo juga mampu mencatatkan pertumbuhan yang apik, di mana mereka mengalami pertumbuhan sebesar 20.1% secara tahunan dengan menjual sebanyak 133.5 juta unit smartphone dan mendapatkan pangsa pasar sebesar 9.9%. Vivo di sisi lain telah menjual sebanyak 128.3 juta perangkat, mengamankan 9.5% pangsa pasar dan mengalami pertumbuhan sebesar 14.8%. 

Jika melihat pada penjualan untuk kuartal keempat tahun 2021, hanya Apple yang mampu menguasai di antara produsen smartphone lainnya, dengan iPhone buatannya. Mereka telah menjual sebanyak 84.9 juta unit smartphone dan meraih 23.4% pangsa pasar di kuartal tersebut. Meski demikian, penjualan mereka itu masih lebih sedikit dibandingkan dengan penjualan untuk periode yang sama tahun lalu. 

Samsung menjual sebanyak 68.9 juta unit perangkat pada kuartal keempat 2021, dan mendapatkan 19% pangsa pasar pada periode tersebut. Xiaomi masih berada di posisi ketiga dengan menjual sebanyak 45 juta unit smartphone dan meraih pangsa pasar sebanyak 12.4%.

Oppo dan Vivo masing-masing menjual sebanyak 30.1 dan 28.3 juta unit smartphone di kuartal keempat 2021, dan pangsa pasar keduanya adalah 8.3% dan 7.8%. Itu artinya, kedua perusahaan juga menjual lebih sedikit smartphone ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Jadi jika melihat data di atas secara keseluruhan untuk tahun 2021, kelima perusahaan itu mampu mencatatkan pertumbuhan dibandingkan dengan raihan tahun 2020. Pertumbuhan Xiaomi adalah yang paling signifikan, disusul dengan Oppo.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend