• Our Partners:

Penasaran Siapa Pengisi Suara Google? Ini 5 Sosoknya!

Penasaran Siapa Pengisi Suara Google? Ini 5 Sosoknya!

Banyak sekali orang yang penasaran dengan siapa pengisi suara Google ? Hal ini seperti yang kita ketahui layanan Google memiliki fitur voice yang mampu membacakan informasi yang kita ingin cari. Ternyata, pengisi suara Google tidak hanya satu, tetapi banyak.

Pasalnya Google sendiri memiliki banyak fitur. Mulai dari Google Assistant, Google Maps, Google Translate, bahkan Google Home. Lalu ? Siapa Pengisi Suara Google ?

Siapa Pengisi Suara Google

Bagi kamu yang selalu penasaran dengan sosok pengisi suara Google, berikut ini beberapa profil mengenai pengisi suara Google.

1. Antonia Flynn

Antonia Flynn

Sejak didirikan pada tahun 2016, Google Assistant merekrut Antonia Flynnsebagai pengisi suaranya. Antonia Flynn sendiri merupakan seorang aktor Amerika yang pernah beberapa kali beradu akting dalam film Final Fantasy VII Remake pada tahun 2020, Wasteland 3 di tahun 2020 dan Detective Conan : Sunflowers of Inferno pada tahun 2015.

Alasan terpilihnya Antonia Flynn karena dirinya memiliki suara yang khas sehingga cocok menjadi pengisi suara Google Assistant. Seperti yang kita ketahui, Google Assistant banyak sekali memberikan manfaat kepada para penggunanya. Mulai dari membacakan informasi mengenai cuaca, mengarahkan jalan, merekomendasikan restoran terdekat, menjalankan timer, membantu kamu membuat janji temu, membacakan notifikasi, bahkan bermain game.

Sebelumnya, dirinya juga sering bekerja sebagai voice over di berbagai iklan dan bekerja sama dengan produk terkenal seperti Starbucks, Uber, Doubletree by Hilton, dan produk lainnya. Maka dari itu, kemampuannya dalam mengisi suara sudah tidak diragukan lagi.

2. Karen Jacobsen

Penasaran Siapa Pengisi Suara Google

Selanjutnya, sosok yang kedua sebagai pengisi suara Google yakni Karen Jacobson. Dirinya lahir dan besar di Australia. Keren Jacobson merupakan seorang penyanyi, entertainer, penulis lagu, seorang pembicara, dan merupakan voice-over artist.

Nah, untuk kamu para pengguna Google Maps pasti sudah tak asing lagi dengan suara Karen Jacobson. Pasalnya, Karen ditunjuk sebagai pengisi suara Google Maps yang akan membacakan petunjuk arah kepada kamu para penggunanya. Dengan jabatannya sebagai pengisi suara di Google Maps, dirinya dijuluki sebagai The GPS Girl.

Sauaranya sendiri tidak perlu diragukan lagi, Keren memiliki suara yang khas saat memberi tahu informasi mengenai perjalanan yang sedang kamu tempuh. Ternyata, suara Karen tak hanya bisa kamu dengarkan di Google Maps, namun kamu juga bisa mendengarkan suaranya di Garmin GPS, Mio GPS, Siri, dan lainnya.

3. Kiki Basaell

suara siapa yang ada di google

Nama lain yang bergabung menjadi voice over di Google adalah Kiki Basael. Dirinya dahulu merupakan seorang pegawai Google biasa yang kemudian di rekrut menjadi salah satu pengisi suara Google. Kiki Basael dipilih menjadi salah satu pengisi suara Google dengan alasan suaranya terdengar sangat menyenangkan sehingga dinilai cocok untuk mengisi Google Assistant.

Namun, sayangnya informasi mengenai Kiki Basael tidaklah banyak, tidka pula terdapat fotonya di jejaring internet. Hal ini dirinya memang bukan sosok terkenal seperti pengisi suara Google Assistant yang lainnya. Kabarnya, Kiki Basael juga tidak mengambil peran yang banyak dalam pengisian suara di Google Assistant.

4. John Legend

John Legend

Bukan hanya kalangan aktor atau aktris saja yang bergabung menjadi pengisi suara Google, ternyata penyanyi Internasional sekelas John Legend pun menjadi salah satu bagian dari voice over Google.

Penyanyi dari lagu “All Of Me” itu mengisi bagian merespon perintah-perintah dasar para pengguna Google seperti mengatakan “Hai”, atau membaca berita cuaca, juga menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para pengguna Google Assistant.

Jika dilihat dari teknisnya, John Legend tak membutuhkan waktu lama untuk proses pengisian suara karena tidak sebanyak bagian aktor Google voice yang lainnya. Kabarnya, suara John Legend ini hanya digunakan hingga tahun 2020 lalu.

5. Issa Rae

Penasaran Siapa Pengisi Suara Google

Issa Rae mulai bergabung menjadi salah satu pengisi suara Google pada Oktober 2019 lalu. Namun, sayangnya, suara Issa Rae sendiri hanya digunakan untuk kebutuhan Google Assistant para pengguna Amerika.

Selain itu, kehadiran dirinya juga tak lama menjadi voice over Google. Issa Rae menjadi bagian dari respon pertanyaan “Apakah aku butuh payung hari ini?”, atau “Bagaimana penampilanku”, dan memberikan perintah seperti “Nyanyikan sebuah lagu!” pada Google Assistant.

Itulah nama-nama yang menjadi pengisi suara Google. Mulai dari pegawai biasa, aktor atau aktris, hingga penyanyi. Tentunya para pengisi suara Google ini dipilih berdasarkan kemampuannya dalam mengisi suara dengan nada yang khas sehingga kamu juga tidak bosan ketika mendengarkannya.

Kecanggihan Google Assistant

Setelah mengetahui para pengisi suara Google Assistant, ada baiknya kamu juga perlu tahu kecanggihan Google Assistant. Mulai dari percakapan dua arah, mendengarkan panduan perjalanan sebagai penunjuk arah, memberikan informasi mengenai cuaca, menjalankan time, membuat janji temu, hingga membacakan notifikasi masuk ketika kamu sedang bermain games.

Cara Mengubah Suara Google Assistant

Dari semua pengisi suara Google yang ada, ternyata kamu bisa memilih salah satu suara yang paling kamu suka loh. Bukan hanya itu, sebelum kamu menerapkan setting ini, kamu juga bisa request Google Assistant untuk menggunakan suara John Legend dengan perintah “Hey Google talk like a Legend” maka setelahnya kamu akan mendengarkan suara John Legend.

Nah, berikut ini langkah – langkah yang harus kamu ikuti untuk mengganti suara Google Assistant :

  1. Masuk ke laman Google.
  2. Klik foto profil di pojok kanan atas.
  3. Geser tab ke Assistant. Klik Assistant Voice.

Setelah itu, kamu bisa memilih siapa pengisi suara Google Assistant yang kamu mau. Nantinya akan muncul navigasi Google Maps, tangapan suara OK Google, dan lainnya.

Setting Google Assistant agar Mengenali Suara Kamu

Selanjutnya, jika kamu ingin Google Assistant mampu mengenali suara kamu ketika kamu memberikan perintah, kamu bisa melakukan setting seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

  1. Buka Google Assistant.
  2. Klik foto profil di pojok kanan atas.
  3. Geser ke tab Assistant.
  4. Pilih Assistant devices.
  5. Setelah itu pilih perangkat yang terdaftar di akun kamu. Klik perangkat yang kamu inginkan. Misalnya phone.
  6. Setelah itu klik Voice Model.
  7. Klik Retrain voice model.
  8. Klik Next.
  9. Klik I Agree.

Nah, dengan menggunakan setting yang satu ini Google Assistant mampu mengenali suara kamu setiap kali kamu mengatakan OK Google, maka Google Assistant akan melakukan apa yang kamu minta.

Hal ini karena Google Assistant memiliki banyak fungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mulai dari menerjemahkan kalimat, sehingga kamu tidak perlu lagi mengetik untuk mencari tahu arti dari satu kalimat.

Selain itu, kamu juga bisa bisa menggunakan Google Assistant untuk membuka kunci smartphone jika kamu tidak ingin menggunakan password atau pola layar. Bahkan, kamu bisa memutar musik dan video hanya dengan memerintahkan Google Assistant untuk memutar lagu dan video, maka para pengisi suara Google akan membantu kamu.

Nah, untuk kamu yang tidak suka membaca, kamu juga bisa meminta Google Assistant untuk membaca berita hari ini misalnya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke Google Assistant lalu masuk ke menu Setting lalu pilih News. Bagaimana ? Menarik bukan ?

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments