• Our Partners:

Windows 12 Hadir 2024, Tepat Saat Windows 10 Mencapai Masa Akhir Dukungan

Windows 12 Hadir 2024, Tepat Saat Windows 10 Mencapai Masa Akhir Dukungan

NESABAMEDIA.COMSebelumnya, ketika Windows 10 masih merupakan sebuah sistem operasi yang baru, Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi itu adalah Windows terakhir, dan oleh karenanya tidak akan ada versi Windows yang berdiri sendiri yang akan dirilis setelahnya. Dengan kata lain, Windows 10 menjadi satu-satunya sistem operasi Microsoft, yang akan mendapatkan pembaruan fitur yang akan dirilis secara teratur.

Namun semua strategi dan pernyataan terkait hal tersebut berubah, ketika Microsoft mengumumkan Windows 11. Ini bertolak belakang dengan pendekatan yang mereka ambil sebelumnya itu, dan kembali meluncurkan versi Windows yang berdiri sendiri. 

Berangkat dari hal tersebut, diyakini akan ada versi Windows baru lagi ke depannya. Rupanya anggapan ini pun benar adanya, dengan informasi terbaru bahwa Microsoft juga mengubah jadwal perilisan yang telah ada. Dengan kata lain, Microsoft akan merilis Windows 12 pada tahun 2024 nanti, sembari terus memberikan fitur baru ke Windows 11 dan Windows 10. 

Sepintas, jadwal ini terlihat sangat sederhana, dan dalam banyak hal mirip dengan apa yang dilakukan Microsoft pada Windows 7. Versi Windows baru akan dikirimkan setiap tiga tahun sekali, dengan pembaruan fitur dikirimkan sepanjang siklus tersebut.

Sayangnya, Microsoft tidak banyak bicara mengenai akan hadirnya Windows 12 atau soal perubahan siklus perilisan Windows tersebut. Jadi ada kemungkinan bahwa ke depannya mereka mungkin bisa saja melakukan perubahan langkah dan kebijakan lagi. Namun jika kembali dilihat dengan seksama, ini adalah pendekatan yang lebih masuk akal dalam jangka panjang, terutama karena Windows 11 mampu menjadi sebuah kejutan besar bagi banyak orang di luar sana.

Apapun itu, untuk saat ini Windows 11 masih menjadi fokus utama Microsoft, dengan Windows 10 juga masih memiliki masa dukungan setidaknya sampai tahun 2025 mendatang, serta debut Windows 12 pada tahun 2024 akan melanjutkan kebijakan migrasi perusahaan ke sistem operasi yang lebih modern. Pengambilan waktu ini dinilai sangat tepat. 

Windows 12 kemungkinan akan meluncur pada 2024, dengan ketersediaan umum diselesaikan satu tahun kemudian, yakni pada tahun 2025 yang menjadi masa akhir dukungan dari Windows 10.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend