5 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android dengan Mudah

Smartphone dirancang dengan design sedemikian rupa untuk dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Smartphone memiliki beragam aplikasi menarik yang dapat diinstall oleh masing-masing usernya.

Beragam aplikasi dapat diinstall dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan user. Oleh karena itu, berbagai aplikasi yang disediakan dapat menunjang dan mendukung kegiatan masing-masing penggunanya.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya beragam aplikasi yang terinstall di smartphone dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dialami masing-masing pengguna. Salah satu permasalahannya adalah aplikasi tidak terpasang di smartphone android. Berikut merupakan beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android.

#1 Periksa kapasitas memori

Periksa kapasitas memori

Kapasitas memori menjadi salah satu hal yang penting untuk diperiksa secara berkala. Dikarenakan anda dapat memantau bagaimana kondisi kapasitas memori anda saat itu.

Dengan anda tahu seberapa besar kapasitas memori yang ada, anda dapat melakukan pembersihan file yang tidak digunakan secara rutin agar tidak membuat memori penuh. Hal ini dapat anda lakukan kapan saja ketika anda sudah memiliki waktu luang.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Youtuber yang Profesional dan Terkenal

Kapasitas memori salah satunya terdapat pada memori internal smartphone. Dimana segala aplikasi yang terinstall di smartphone akan menggunakan memori internal ini. Dengan memastikan terlebih dahulu kapasitas memori anda, anda telah melakukan salah satu cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android. Ketika kapasitas memori penuh, otomatis aplikasi tidak akan terpasang.

#2 Aplikasi tidak kompatibel

Aplikasi tidak kompatibel

Ketika melakukan install aplikasi, anda harus memperhatikan banyak hal, dan salah satunya adalah dimana anda mengunduh aplikasi tersebut. Pastikan bahwa anda mengunduh aplikasi tersebut di tempat yang terpercaya misalnya playstore, atau appstore, dan lain-lain.

Ketika anda mengunduh aplikasi yang berasal dari website lainnya, anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi yang benar dan sesuai dengan smartphone anda. Terkadang banyak aplikasi yang diunduh secara ilegal, menjadi aplikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone anda. Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi anda tidak terpasang di android.

#3 Restart Smartphone

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

Ketika anda mengalami aplikasi tidak terpasang di android, ada baiknya jika anda melakukan restart pada smartphone. Aplikasi yang tidak terpasang di smartphone android, terkadang terdapat masalah pada smartphone android anda. Salah satunya adalah smartphone android anda mengalami hang.

Baca Juga: 5 Cara Menggunakan Telegram di HP Android

Sehingga ketika anda mengalami permasalahan seperti ini, anda harus melakukan restart smartphone android anda. Dengan melakukan restart, smartphone anda akan mematikan semua aplikasi yang berjalan di sistem smartphone android anda sehingga smartphone akan mudah dan cepat memproses aplikasi yang akan dijalankan.

#4 Periksa versi aplikasi

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

Ketika anda akan menginstall aplikasi dan mengalami permasalahan pada pemasangan aplikasi tersebut, anda harus memeriksa versi aplikasi yang diinstal tersebut. Karena tidak semua versi aplikasi dapat diinstall pada smartphone anda.

Keterbatasan versi smartphone yang dapat diinstal juga harus anda perhatikan untuk dapat memasang aplikasi sesuai dengan prosedurnya. Sehingga memeriksa versi aplikasi juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android.

Versi aplikasi terkadang sangat diperlukan untuk beberapa aplikasi, karena tidak semua smartphone android dapat mendukung versi aplikasi tersebut. Meskipun hal ini adalah hal yang sederhana untuk dilakukan, namun sering kali pengguna tidak memperhatikan hal tersebut dan akhirnya yang terjadi adalah langsung menginstall tanpa memperhatikan versi aplikasi.

#5 Hapus aplikasi yang tidak digunakan

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

Dalam smartphone anda tentu akan terinstall banyak aplikasi yang dibutuhkan oleh masing-masing pengguna smartphone. Aplikasi yang terinstall di masing-masing smartphone tentu tidak akan sama semua karena keinginan masing-masing individu akan berbeda. Banyaknya aplikasi tersebut, tidak semua aplikasi digunakan oleh pengguna.

Baca Juga: 3 Cara Download Video Youtube di Android ke Galeri

Aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan akan membuat kapasitas memori internal semakin sedikit. Terkadang aplikasi yang terinstall dapat mempengaruhi aplikasi yang lain.

Oleh karena itu, ketika aplikasi anda sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya anda menghapus aplikasi tersebut supaya dapat menginstall aplikasi yang lainnya. Dengan begitu, anda dapat mengatasi permasalahan aplikasi yang tidak terpasang di smartphone android anda.

Adanya beragam cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android dapat anda gunakan sebagai alternatif cara agar anda dapat mengatasi hal tersebut. Aplikasi yang ada di smartphone android menjadi kepetingan bagi masing-masing individu, karena banyak data dan informasi yang bisa didapatkan oleh penggunanya dengan menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga ketika terdapat permasalahan aplikasi tidak terpasang di smartphone android dapat membuat pengguna merasa resah dan panik.

Oleh karena itu adanya beragam alternatif cara ini dapat membantu kebutuhan anda dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan aplikasi yang tidak dapat terpasang di android. Dengan adanya beberapa cara ini, semoga dapat membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan aplikasi yang tidak dapat terpasang di smartphone android anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Send this to a friend