5 Cara Menggunakan USB OTG di Smartphone dengan Mudah, Tanpa Ribet!

Kebutuhan untuk mencari berbagai informasi dari berbagai sumber yang beragam juga dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang memiliki koneksi internet.

Beragamnya informasi yang bisa didapatkan oleh pengguna dapat memberikan berbagai dampak, terutama dampak positif. Adanya berbagai informasi yang dibutuhkan pengguna dapat mempengaruhi kapasitas penyimpanan pada smartphone.

Adanya permasalahan ini, diciptakan suatu inovasi baru yaitu USB OTG. USB OTG merupakan USB yang digunakan untuk mentransfer data dari smartphone ke komputer atau PC sehingga tidak memerlukan flashdisk. Berikut merupakan cara menggunakan USB OTG di smartphone.

#1 Menyambungkan ke smartphone

Menyambungkan ke smartphone

Untuk dapat mengakses USB OTG, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menyambungkan USB OTG ke smartphone. USB OTG merupakan USB yang langsung dapat digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan flashdisk. Sehingga tidak memerlukan lagi USB smartphone yang harus disambungkan ke laptop atau komputer untuk menyalin file yang ada di smartphone ke flashdisk.

Dengan adanya USB OTG akan sangat mempermudah proses pemindahan file dari smartphone ke flashdisk atau tempat penyimpanan yang lainnya. Oleh karena itu USB OTG sangat diminati pengguna smartphone karena dapat mempermudah proses pemindahan file ke flashdisk tanpa perlu waktu yang lama.

#2 Mencari file manager

Mencari file manager

Setelah USB OTG tersambung dengan smartphone, hal kedua yang harus anda lakukan adalah mencari aplikasi file manager. Mengapa harus mencari aplikasi file manager? Karena ini merupakan salah satu tahapan cara menggunakan USB OTG di smartphone.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Sehingga ketika anda belum menginstal aplikasi file manager, anda harus melakukan download aplikasi file manager terlebih dahulu. Untuk mencari aplikasi file manager, anda dapat melakukan download aplikasi di playstore atau appstore.

#3 Mencari nama flash drive dari USB OTG

cara menggunakan USB OTG di smartphone

Setelah anda menginstall aplikasi file manager tersebut, anda harus mencari nama flash drive dari USB OTG anda. Dimana, nama flash drive tersebut akan berbeda-beda sehingga anda perlu mengetahui apa nama USB OTG anda. hal ini dilakukan agar anda dapat mengakses USB OTG tersebut untuk dapat menyalin atau memindahkan file anda ke smartphone atau tempat penyimpanan lainnya.

Dengan adanya USB OTG ini, anda dapat melakukan pemindahan file di smartphone anda ke penyimpanan eksternal seperti flashdisk, tablet lain, atau tempat penyimpanan yang lainnya. Oleh karena itu, USB OTG merupakan jenis USB yang penting untuk anda miliki.

#4 Coba untuk melakukan copyfile ke smartphone dari USB OTG

cara menggunakan USB OTG di smartphone

Setelah anda menemukan nama flash drive dari USB OTG anda, anda akan otomatis dapat menggunakan USB OTG tersebut di smartphone anda. ketika USB OTG telah terhubung dengan smartphone anda, anda sudah dapat menggunakan USB OTG tersebut untuk memindahkan ataupun mencopy file.

Baca Juga: 2 Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP Android

Dengan menggunakan USB OTG, anda dapat melakukan beberapa aktifitas untuk mendukung apa yang anda kerjakan. Beberapa hal yang dapat anda lakukan dengan menggunakan USB OTG adalah sebagai berikut:

  • Memindahkan dan mengcopy file dari smartphone ke penyimpanan lain atau sebaliknya
  • Melakukan print dokumen yang terdapat pada smartphone

Dengan adanya USB OTG, aktifitas yang terkait dengan file yang terdapat pada smartphone akan lebih mudah. Dengan mencoba untuk mencopy file ke smartphone anda telah melakukan salah satu cara menggunakan USB OTG di smartphone.

#5 Melepaskan USB OTG

cara menggunakan USB OTG di smartphone

Ketika anda telah selesai menggunakan UBS OTG, ada baiknya jika anda melepaskan UBS OTG tersebut. Cara melepaskan USB OTG tidak boleh sembarangan karena dapat merusak USB OTG tersebut. Cara melepaskan USB OTG sebenarnya sama dengan cara melepaskan atau reject di laptop. Untuk melepaskan USB OTG anda dapat menggunakan cara sebagai berikut agar USB OTG terlepas dengan sesuai aturan yang seharusnya.

  • Klik Setting
  • Pilih pada bagian Storage
  • Klik pada Unmount External Storage yang terletak pada bagian USB Storage
  • Kemudian tunggu hingga proses pelepasan USB OTG selesai
  • Setelah itu, anda dapat langsung mencabut USB OTG dari smartphone anda.

Adanya USB OTG ini dapat mempermudah pengguna untuk melakukan transfer data secara langsung tanpa menggunakan bantuan flashdisk. Cara ini dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transfer data dan mengefektifkan kapasitas penyimpanan pada smartphone.

Dengan adanya USB OTG ini, kebutuhan transfer data dapat dilakukan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan transfer data. sehingga jika pengguna tidak familiar dengan USB OTG ini akan ada kemungkinan akan merasa bingung saat menggunakannya.

Oleh karena itu, peru adanya pemahaman mengenai cara menggunakan USB OTG di smartphone agar pengguna dapat memahami penggunaannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Nesabamedia.com merupakan media online yang menyajikan konten menarik seputar komputer, internet, jaringan, android, website dan beberapa topik lain yang berhubungan dengan dunia komputer.

Tags:

Leave a Reply

Send this to a friend