• Our Partners:

Amazon Pamerkan AI Alexa, Bisa Tiru Suara Manusia?

Amazon Pamerkan AI Alexa, Bisa Tiru Suara Manusia?

NESABAMEDIA.COM – Amazon telah banyak memberikan inovasi dengan eksperimen mereka, kini Amazon telah mengembangkan teknologi AI yang dapat menirukan suara manusia, bahkan dapat menirukan suara manusia yang telah meninggal, Minggu (26/6/2022).

Amazon telah sukses menyelesaikan program MARS Conference mereka, memamerkan berbagai macam video yang mana isinya mengenai teknologi mutakhir dari Alexa. Dalam presentasinya, Amazon memamerkan kemampuan Alexa yang dapat diperintah untuk membacakan cerita.

Peningkatan fitur ini ditingkatkan, untuk dapat digunakan kepada anak-anak yang ingin mendengarkan cerita sebelum tidur. Anak-anak dapat langsung memerintahkan Alexa, dengan menggunakan kontrol suara.

Alexa, akan secara otomatis mengikuti perintah untuk membacakan cerita sebelum waktunya tidur. Pengguna dapat langsung memberikan judul cerita, yang nantinya akan segera dicari sumbernya di internet.

Tetapi, teknologi terkini yang ditampilan Alexa bukan hanya sekedar membacakan cerita sebelum tidur, namun menirukan suara manusia. Hal yang mengejutkan, Alexa dapat menirukan suara manusia yang telah meninggal dunia.

“Seperti yang kalian lihat pada video, dibanding kelebihan Alexa yang dapat membacakan cerita pada buku, suara tersebut ialah suara dari nenek si anak kecil,” kata Rohit Prasad, selaku Amazon Head Scientist Alexa AI.

Rohit menambahkan bahwa fitur ini merupakan sebuah teknologi yang dapat diberikan oleh AI, untuk mengenang seseorang yang telah tiada. Amazon juga telah mengikuti perkembangan pandemi yang telah menyerang banyak orang, dengan diciptakannya teknologi AI ini maka pengguna dapat terus mengenang orang terkasih yang telah meninggal.

“Sejak terjadinya pandemi, kami tahu bahwa ada banyak orang yang akhirnya kehilangan orang yang mereka sayangi”. Lanjut Rohit dalam presentasinya memperkenalkan Alexa AI.

Rohit juga menyatakan bahwa AI ini dapat digunakan untuk setidaknya mengenang orang yang kita cintai, dengan mengenang kembali suara dan kenangan mereka.

Meskipun, fitur ini mengundang beberapa pengguna internet yang merasa telalu ‘menyeramkan’, namun banyak pengguna juga yang dibuat penasaran dibuatnya.

Amazon sendiri tidak memberikan informasi lainnya seperti tanggal perilisan teknologi ini ke publik, tetapi mereka menyatakan bahwa sistem AI ini dapat menirukan suara manusia, hanya dengan sekali rekaman saja.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend