Android 14 Bernama Upside Down Cake

Android 14 Bernama Upside Down Cake

Pengamat Android berpengalaman akan mengingat bahwa pembaruan tahunan utama untuk sistem operasi seluler Google, Android, dulunya disertai dengan nama makanan penutup. Namun penggunaan nama makanan penutup ini tidak begitu ramai sejak Android 9 Pie yang diluncurkan pada tahun 2018.

Karena Google lebih menonjolkan penggunaan branding angka di belakang Android, yang mereka anggap lebih sederhana. Misalnya, Android 13 yang akan menggantikan Android 12 pada akhir tahun ini. 

Meskipun rilisan Android sekarang ini lebih melekat pada angka untuk pengumuman publik dan branding, nama makanan penutup masih digunakan secara internal di Google sebagai nama kode dari sistem operasi seluler tersebut. Hal yang sama ditemukan pada kode Proyek Open Source Android 14, yang diketahui memiliki nama kode Upside Down Cake. 

Mungkin nama Upside Down Cake kurang familiar bagi anda, khususnya masyarakat Indonesia. Ini adalah sebuah kue yang selama proses pembuatannya, dekorasi diletakkan di bagian bawah panci, dan adonan kue dituangkan di atasnya. Setelah dipanggang, semuanya akan dibalik, sehingga dekorasi yang sebelumnya ada di bawah, berpindah ke bagian atas. 

Android 13 Hadir Lebih Dulu

Sebelum mencoba Android 14, ada Android 13 yang akan datang lebih dulu. Sistem operasi tersebut saat ini sedang berada dalam tahap Pratinjau Pengembang awal, yang kemudian akan diikuti dengan tahap Publik Beta, di mana pengguna bisa bergabung untuk terlibat dalam pengembangan jika mereka ingin.

Setelahnya, versi penuh dan final dari Android 13 akan dikirimkan ke semua pengguna publik dengan perangkat yang kompatibel. Android 12 versi pendahulunya diluncurkan pada bulan Oktober 2021, jadi penerusnya kemungkinan akan hadir satu tahun setelahnya, meski ada kemungkinan akan hadir lebih awal. Seperti biasanya, smartphone Pixel termasuk Google Pixel 6 dan Pro, akan menjadi yang pertama bisa mendapatkan sistem operasi baru itu.

Yang Akan Ada di Android 14

Tidak banyak yang bisa dibicarakan tentang Android 14 pada tahap sekarang ini, meski munculnya kode nama itu telah menjadi petunjuk penting bahwa Google mulai mengerjakan versi baru sistem operasi seluler mereka. Sepertinya kita tidak akan dapat informasi lebih banyak sebelum tahun 2023 mendatang.

Dalam hal apa yang akan mungkin hadir di Android 14, tampaknya tidak banyak hal baru yang ada di sana. Seperti Android 13 yang hanya memperkenalkan perubahan kecil pada opsi kustomisasi perangkat dan tambahan dukungan untuk eSIM. 

Salah area yang diharapkan akan lebih ditingkatkan Google adalah teknologi AI. Karena orang-orang lebih membutuhkan suatu alat yang bisa mengerjakan secara otomatis tugas-tugas yang monoton, seperti mengatur alarm atau berbagi foto. 

Selain itu, akan menarik juga jika nantinya akan ada peningkatan pada privasi pengguna, keamanan perangkat, pengendali dan pengelolaan aplikasi serta notifikasi. Peningkatan Android biasanya mencantumkan hal-hal semacam ini, dan semoga saja juga akan dilakukan pada Android 14 nanti.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend