• Our Partners:

Aplikasi Flowchart untuk PC Laptop Windows

10 Aplikasi Flowchart untuk PC / Laptop (+Link Download)

Mencari aplikasi flowchart untuk PC / laptop? Di internet, kamu bisa menemukan beragam software yang memudahkan pembuatan media visual untuk aktivitas bisnis satu ini. Menarik, bukan?

Ya, penggunaan sebuah flowchart penting ketika berbicara tentang bisnis maupun organisasi. Flowchart adalah media yang memvisualisasikan gambaran ide dan alur kerja sebuah proyek yang dilakukan sebuah organisasi.

Lewat hadirnya flowchart, kita jadi lebih dalam memahami mekanisme kerja yang akan dilakukan, serta seperti apa goals yang diinginkan pada project.

10 Daftar Aplikasi Flowchart untuk PC / Laptop

Saat ini tidak sulit menemukan software buat flowchart untuk komputer. Pilihannya beragam, kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk bisnis, organisasi, atau perorangan.

Menariknya, sebagian besar aplikasi pembuat flowchart ini sudah dibekali template bawaan sehingga membuat siapa saja bisa dengan mudah menghasilkan data visualization sebagai bagian dari brainstorming bersama tim.

Tertarik? Simak 10 rekomendasi aplikasi flowchart untuk PC / laptop di bawah ini yang pastinya layak download buat kamu ingin membuat diagram. Aplikasi yang kami sebutkan kompatibel dengan Windows 10 dan Windows 11.

1. Overflow

Overflow

Ingin memukau peserta presentasi? Mungkin kamu butuh flowchart yang menarik. Kalau kamu bingung memilih software buat flowchart yang tepat untuk Windows, aplikasi bernama Overflow layak untuk dilirik.

Overflow memungkinkan kamu untuk merancang diagram secara instan. Tanpa mengeluarkan banyak tenaga, flowchart yang menarik audiens bisa dengan mudah dibuat lewat aplikasi ini.

Tools yang dihadirkan komplit. Tersedia pula template untuk penggunaan yang lebih efisien dan hemat waktu. Nantinya, diagram yang berhasil kamu buat bisa disimpan dalam format PNG dan PDF. Atau, kamu juga bisa menghubungkannya ke layanan cloud.

2. Microsoft Visio Standard

Aplikasi Flowchart untuk PC Microsoft Visio Standard

Microsoft Visio Standard adalah tools flowchart yang dikembangkan langsung oleh Windows sehingga secara kualitas dan keamanan, ia tak perlu diragukan lagi.

Microsoft Visio Standard sudah dipercaya jutaan pengguna untuk merancang berbagai jenis flowchart, diagram, mind mapping, bagan organisasi, sketsa brainstorming, dan masih banyak lagi. Pengguna diberikan kebebasan membuat visual yang mereka inginkan lewat software ini.

Elemen yang disediakan pada Worksheet pun lengkap. Kamu bisa memasukkan foto, text box, hyperlinks, dan masih banyak lagi. Flowchart yang sudah jadi bisa langsung dibagikan ke email, layanan cloud, maupun disimpan dalam format PNG dan PDF.

3. GitMind

GitMind

GitMind adalah aplikasi lintas platform yang memudahkan siapa saja ketika berurusan dengan presentasi. Membuat flowchart di PC jadi lebih mudah dengan memanfaatkan GitMind

GitMind memfasilitasi pengguna yang ingin membuat flowchart, bagan organisasi suatu institusi, hingga berbagai macam diagram seperti diagram tulang ikan dan pohon di dalam satu aplikasi yang powerful.

Masih awam? Tenang, GitMind menyediakan ragam jenis template yang bisa kamu pilih sesuka hati. Keleluasaan ini juga didukung oleh user interface yang sederhana sehingga cocok untuk siapa saja.

4. FreshDiagram

Aplikasi Flowchart untuk PC Windows

Jika kamu pernah membuat flowchart di Microsoft PowerPoint, dijamin kamu tak akan kebingungan saat menggunakan aplikasi alternatifnya yang bernama FreshDiagram.

FreshDiagram dihadirkan sebagai alternatif bagi pengguna yang merasa fitur-fitur pada Microsoft PowerPoint kurang mumpuni dalam pembuatan flowchart. FreshDiagram hadir dengan tampilan antarmuka yang lebih simpel namun kaya akan fitur.

Aplikasi ini menyediakan fitur kustomisasi yang tergolong lengkap. Kamu bisa melakukan save dan import dengan mudah karena ia menghadirkan dukungan format file yang fleksibel, meliputi JPEG, BMP, PNG, and GIF.

5. yEd

yEd

yEd adalah aplikasi pembuat flowchart lintas platform berikutnya yang recommended untuk kamu download. Salah satu alasannya adalah karena ia 100% gratis sehingga kamu tak perlu mengeluarkan budget untuk membeli software flowchart.

Meski gratis, dukungan fitur yang yEd hadirkan cukup melimpah. Kamu bebas membuat flowchart maupun mengimpornya dari file yang sudah kamu miliki.

Adapun jenis flowchart yang bebas kamu rancang lewat aplikasi powerful ini adalah mind mapping, bagan organisasi, diagram swimlane, ERD, dan masih banyak lagi.

6. OrgChart JS

OrgChart JS

Mencari aplikasi buat bagan organisasi yang ringan? OrgChart JS adalah jawabannya. Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, OrgChart JS memungkinkan pengguna membuat flowchart yang terhubung dengan HTML, JavaScript, atau CSS.

Jadi, kalau kamu bekerja sebagai web developer, penggunaan OrgChart JS akan sangat berguna untuk mendukung produktivitas pekerjaan.

Secara default, OrgChart JS mengharuskan pengguna untuk membeli lisensinya jika ingin mendapatkan fitur tanpa batas. Namun, kamu juga bisa menggunakan versi trial-nya dulu, kok.

7. MindManager

Aplikasi Flowchart untuk Laptop

MindManager adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Corel. Kemudahan penggunaan adalah apa yang coba MindManager tawarkan khususnya untuk mereka yang baru pertama kali membuat diagram bagan.

Aplikasi flowchart untuk PC / laptop satu ini menghadirkan template yang beragam serta dukungan user interface yang interaktif namun tetap sederhana sehingga ramah kepada pengguna awam. Tools yang disediakan pun lengkap.

Untuk menikmati MindManager, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Mau sekadar coba-coba? Tenang, MindManager menyediakan versi trial yang kompatibel dengan Windows 10 dan Windows 11.

8. DiagramStudio

DiagramStudio

Membuat flowchart bisa memakan banyak waktu, namun dengan DiagramStudio, tak butuh waktu lama untuk menghasilkan flowchart yang menarik dan informatif sehingga ideal dijadikan bahan presentasi.

Ya, DiagramStudio memungkinkan siapa saja untuk membuat flowchart, diagram, bagan organisasi, dan masih banyak lagi dengan mudah. Mengadopsi interface ala Microsoft Office Suite, kamu pasti akan mudah beradaptasi dengan cara membuat flowchart di PC lewat DiagramStudio ini.

Ada banyak template yang bebas kamu gunakan lalu ubah di DiagramStudio, termasuk menambahkan elemen seperti shapes, symbols, maupun photos dalam format JPG, BMP, DIB, ICO, PCX dan JPG.

9. Diagram Maker

Diagram Maker

Diagram Maker adalah aplikasi flowchart offline untuk PC yang tersedia gratis. Jadi, kalau kamu ingin memangkas budget, Diagram Maker adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa dicoba.

Sama seperti para kompetitornya, Diagram Maker menghadirkan variasi template yang nantinya bebas kamu edit dengan menambahkan berbagai macam elemen yang tersedia secara built-in. Semuanya bisa kamu gunakan secara cuma-cuma, lho.

Nantinya, flowchart yang sudah jadi bisa langsung kamu print atau simpan dalam bentuk bitmap. Mudah dan praktis, bukan?

10. MindGenius

MindGenius

Buat kamu yang berprofesi sebagai project manager, menggunakan MindGenius sangat disarankan jika kamu butuh tools buat flowchart, mind mapping, infografis, dan bagan organisasi yang powerful.

MindGenius memungkinkan kamu memaksimalkan data visualization yang sedang dibuat. Fitur-fitur yang ada di MindGenius ditujukan untuk kebutuhan profesional. Kamu bisa membuat dan mengombinasikan beberapa jenis diagram menjadi satu kesatuan, lho.

Kamu bahkan juga bisa mengamati progress dari project yang sedang dikerjakan dengan mengandalkan MindGenius. Untuk menikmati fitur-fitur mumpuni MindGenius, kamu harus membelinya terlebih dahulu.

Itu dia 10 daftar aplikasi flowchart untuk PC / laptop terbaik yang sudah kami ulas dan rekomendasikan. Mana yang menurutmu paling menarik untuk di download?

Terlepas apapun kebutuhannya, aplikasi buat flowchart yang layak install adalah yang menyediakan template bawaan di dalamnya sehingga akan memudahkan proses pembuatan diagram, mind map, maupun stuktur organisasi yang akan digarap.

Akan lebih baik lagi kalau kamu menggunakan versi berbayar karena biasanya fitur yang disediakan tak terbatas alias lebih komplit.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend