Download Inno Setup Terbaru

Download Inno Setup 6.0.3

Download Inno Setup Terbaru Developer: Jordan Russell’s Software
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 4MB



Ada sejumlah alasan untuk membuat software, mulai dari sekedar untuk menyelesaikan tugas, memenuhi pesanan klien, sebagai sarana marketing, untuk dijual dengan harga yang berlaku selamanya atau hanya selama kurun waktu tertentu (misalnya satu tahun atau setelah software diperbarui beberapa kali), untuk proses pembelajaran, hingga untuk dibagikan secara cuma-cuma tanpa syarat.

Apapun alasannya, untuk mendistribusikan software yang anda kembangkan, tentu anda perlu membuat installer untuk software tersebut agar pengguna lebih mudah dalam melakukan instalasi dan uninstalasi.

Biasanya yang disarankan untuk membuat installer adalah InstallShield tapi software ini termasuk mahal harganya. Untuk keperluan pribadi atau untuk bisnis kecil sebaiknya anda coba dulu Inno Setup. Gratis tapi kemampuannya tidak bisa diremehkan.

Fitur Inno Setup

Download Inno Setup Terbaru

Tampilan Inno Setup Terbaru

Membuat installer dengan Inno Setup tidak serumit yang mungkin dibayangkan oleh sebagian pengguna karena didalamnya sudah disertakan wizard untuk memandu anda secara bertahap hingga selesai.

Untuk memulai, klik pada tombol New atau tekan Ctrl + N, setelah itu jendela panduan akan muncul. Selanjutnya anda bisa memberi nama pada software beserta informasi lainnya seperti versi software, nama pengembang, serta alamat website resmi yang memuat informasi lebih lanjut mengenai software tersebut.

Folder untuk menginstall software bisa anda tentukan pada langkah selanjutnya. Anda bisa memaksakan lokasi instalasi atau memberi kebebasan pada pengguna untuk memilih lokasi instalasi. Ada juga pilihan untuk tidak membuat folder jika memang software anda tidak memerlukannya.

Inno Setup juga memungkinkan anda untuk menyediakan pilihan bagi pengguna dalam membuat shortcut agar akses ke software lebih mudah. Shortcut tersebut bisa dipasang di desktop, di dalam Quick Launch, dan di dalam Start menu. Anda pun bisa menambahkan shortcut lain di dalam Start menu berupa shortcut ke alamat website dan shortcut untuk menguninstall software.

Jika anda berniat membagikan software hanya untuk sekelompok orang tertentu, installer juga dapat diproteksi dengan password dan dienkripsi. Nantinya saat software anda hendak diinstall, akan muncul jendela yang meminta pengguna untuk memasukkan password. Sedangkan untuk enkripsi, anda harus mengunduh modul enkripsi yang memang sengaja tidak dijadikan satu dengan Inno Setup karena terbentur dengan kendala hukum di sejumlah negara.

Download Inno Setup Terbaru

Berikutnya anda bisa menambahkan file yang berisi keterangan mengenai lisensi software dan file-file lain yang berisi informasi tambahan yang  sekiranya perlu ditampilkan sebelum dan setelah instalasi selesai.

Pilihan lain yang bisa anda sediakan kepada pengguna adalah pilihan untuk menginstall software dengan atau tanpa menggunakan hak admin. Lalu ada pula pilihan bahasa. Tersedia berbagai bahasa yang dapat disertakan di dalam paket instalasi. Installer juga bisa diatur agar secara otomatis mendeteksi bahasa yang digunakan pada Windows. Download Inno Setup terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend