Download Iris

Download Iris 1.2.0

Download Iris for Windows Terbaru Developer: Daniel Georgiev
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 40MB



Berinteraksi dengan layar komputer dalam waktu berkepanjangan bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada mata, membuat susah tidur, dan menimbulkan sakit kepala sehingga pengguna disarankan untuk meninggalkan komputer sejenak setiap selang beberapa waktu. Selain beristirahat secara berkala, penggunaan Iris juga bisa membantu dalam melindungi mata ketika anda tengah sibuk bekerja dengan komputer.

Iris adalah software yang ditujukan untuk melindungi kesehatan tubuh dari semua efek negatif yang muncul akibat terlalu seringnya berinteraksi dengan layar komputer, terutama kesehatan mata. Metode yang ditempuh sama seperti software f.lux, yaitu dengan mengurangi emisi cahaya biru pada monitor dan mengontrol kecerahan layar tanpa menggunakan Pulse Width Modulation (PWM).

Fitur dan Keunggulan Iris

Download Iris for Windows Terbaru

Tampilan Iris for Windows Terbaru

Iris dapat bekerja secara otomatis dengan mendeteksi siang dan malam hari berdasarkan pada lokasi fisik pengguna atau berdasarkan pada jam komputer. Di siang hari, layar komputer dibuat lebih terang dan emisi cahaya biru ditingkatkan. Ketika malam tiba, dengan sendirinya layar akan meredup dan emisi cahaya biru diturunkan sehingga layar akan terlihat kemerahan seperti warna jingga pada langit di sore hari saat matahari perlahan-lahan mulai terbenam di ufuk barat.

Mode manual juga disertakan untuk membuat layar monitor selalu redup dengan emisi cahaya biru yang rendah. Pilihan ini berguna untuk anda yang bekerja dengan komputer di dalam ruangan tertutup atau di dalam ruangan yang ventilasi cahayanya kurang memadai sehingga kondisi cahaya ruangan selalu remang-remang meski pada saat siang sekalipun.

Dari sekitar 9 preset yang disediakan Iris, yang paling ekstrem adalah Sleep karena preset tersebut membuat layar monitor menjadi serba merah dan hitam. Sleep paling efektif digunakan pada kondisi di mana anda bekerja di dalam ruangan yang gelap. Sleep dan preset lainnya dibuat untuk keperluan spesifik, contohnya preset Gaming untuk bermain game, preset Movie untuk menonton film, dan preset Reading untuk keperluan membaca.

Download Iris for Windows Terbaru

Kondisi cahaya monitor juga bisa disesuaikan berdasarkan pada software yang anda gunakan. Misalnya di saat anda menggunakan browser Google Chrome, cahaya monitor bisa diatur agar lebih redup daripada biasanya. Fitur ini dinamakan Color Triggers. Sebaliknya, Color Pausers berfungsi untuk menonaktifkan Iris ketika anda menggunakan software tertentu. Jadi ketika anda menonton film, Iris bisa dimatikan secara otomatis asalkan anda memasukkan software yang dipakai untuk menonton film tersebut ke dalam daftar Color Pausers.

Konsumsi memori Iris jauh lebih besar daripada F.lux. Apabila RAM anda sangat terbatas, atau sekedar ingin agar Iris menggunakan memori seminimal mungkin, solusi yang tersedia adalah menggunakan Iris Mini, tapi anda tidak akan bisa menggunakan sebagian besar fitur yang dimiliki Iris. Di dalam versi minimalis tersebut, tidak ada preset yang bisa dipilih selain mengatur mode Automatic, Manual dan Paused. Download Iris terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend