Download KeePassXC 2.4.3

Download KeePassXC Terbaru Developer: KeePassXC Team
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 36MB


Setidaknya ada dua masalah saat membuat password. Yang pertama, tidak semua pengguna mengetahui bagaimana caranya membuat password yang kuat. Mereka yang tahu pun terkadang enggan untuk melakukannya karena dirasa terlalu merepotkan. Yang kedua, jumlah akun yang terlalu banyak dengan password dan user name yang berbeda-beda membuatnya sulit untuk dikelola tanpa bantuan software.

Kedua masalah di atas dapat diatasi dengan KeePassXC. Software open source ini sebenarnya adalah turunan dari KeePassX, sedangkan KeepassX dikembangkan dengan menggunakan source code milik Keepass. Yang jadi pertanyaan, apa kelebihan KeePassXC dibandingkan dengan KeePass dan KeePassX? Jawabannya bisa anda baca pada paragraf berikutnya di bawah ini.

Fitur dan Keunggulan KeePassXC

Download KeePassXC Terbaru

Tampilan KeePassXC Terbaru

Berbeda halnya dengan KeePass, KeePassXC tidak membutuhkan .NET Framework untuk diinstall di Windows dan tidak memerlukan Mono untuk dijalankan di Mac dan Linux. Sedangkan untuk KeePassX, software ini masih berjalan dengan baik tapi sudah tidak pernah di update lagi sejak tahun 2016.

Selain itu, di bagian depan KeePassXC terdapat beberapa tombol untuk membuat database baru, membuka database yang sudah ada, mengimpor database dari Keepass 1 dan dari file berekstensi CSV. Hal ini berbeda dengan KeePassX yang hanya menampilkan teks Welcome tanpa petunjuk apapun.

Dalam membuat database baru, anda bisa memilih format database dan menentukan seberapa lama sebuah database didekripsi. Makin lama prosesnya berarti makin kuat pula enkripsi yang digunakan untuk mengamankan database tersebut. Secara default durasi waktunya adalah 1 detik.

Database juga dapat diamankan dengan password, key file dan YubiKey. Pilihan yang terakhir ini (YubiKey) berupa hardware kecil yang lumayan tipis. Fungsinya bisa diibaratkan seperti kunci untuk membuka pintu. Jadi, selain memasukkan password, siapapun yang ingin mengakses database juga harus memasukkan YubiKey. Metode ini tentunya lebih aman tapi jarang ada pengguna rumahan yang memakai hardware ini. Rata-rata hanya menggunakan password atau key file atau keduanya.

Sedangkan untuk pembuatan password, metode yang paling gampang adalah dengan menggunakan menu password generator. Di dalam menu tersebut anda dapat berpatokan pada kualitas password yang ditampilkan setiap kali password baru dibuat. Anda juga bisa berpatokan pada level entropi. Makin tinggi entropi berarti makin kompleks pula password yang dibuat.

Download KeePassXC Terbaru

Pilihan untuk membuat passphrase juga ada jika anda lebih menyukainya atau percaya bahwa passphrase lebih kuat daripada password. Semua kata bisa digabungkan menjadi satu alias tanpa spasi. Bisa pula dipisahkan dengan spasi atau karakter lainnya.

Ada kelebihan tentu ada pula kekurangannya. Untuk saat ini KeePassXC masih belum mendukung plugin seperti halnya KeePass. Fitur sinkronisasi juga tidak ada tapi ini memang disengaja oleh pengembangnya untuk menjaga KeePassXC sesederhana mungkin. Khusus untuk kekurangan ini bisa diakali dengan menyimpan database di dalam folder Dropbox atau Google Drive. Download KeePassXC terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

[Windows 32 Bit]

[Windows 64 Bit]
Sending
User Review
0 (0 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend