Download Microsoft PowerToys Terbaru

Download Microsoft PowerToys 0.29.3

Download Microsoft PowerToys Terbaru Developer: Microsoft
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 20MB



Tak peduli seberapa pun banyaknya fitur yang disediakan Microsoft di dalam Windows 10, selalu ada pengguna yang ingin melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Microsoft berusaha memenuhi keinginan tersebut dengan mengembangkan Microsoft PowerToys.

Microsoft PowerToys adalah software untuk menambah beberapa fitur baru pada Windows 10 seperti Color Picker untuk menyalin kode warna, PowerRename untuk merubah nama file, dan Image Resizer untuk memperkecil atau memperbesar gambar.

Fitur-Fitur Microsoft PowerToys

Apa Itu Microsoft PowerToys

PowerRename

PowerRename mampu merubah nama beberapa file dan folder sekaligus dengan menggunakan metode search and replace. Anda bisa menghilangkan sebuah kata dari setiap nama file, mengganti kata tertentu, atau merubah ekstensi file.

Di dalam jendela PowerRename, terdapat sejumlah opsi seperti berikut ini:

  • Exclude Files: Hanya nama folder yang akan diganti.
  • Exclude Folders: Hanya nama file yang akan dirubah.
  • Item Extension Only: Untuk mengganti ekstensi file.
  • Case Sensitive: Jika opsi ini dicentangi, huruf kecil dan huruf kapital turut diperhitungkan dalam menentukan nama file yang mana saja yang akan dirubah. Seumpamanya yang akan anda ganti adalah kata “Aku”, maka file-file yang bernama “aku” tidak akan diproses karena tidak diawali dengan huruf kapital.

Sebelum mengeksekusi penggantian nama, anda bisa mengecek apakah penggantian nama sudah sesuai dengan keinginan anda melalui panel preview.

Color Picker

Color Picker digunakan untuk mengidentifikasi warna pada layar. Warna yang anda tunjuk dengan fitur ini akan ditampilkan dalam kode RGB dan Hex. Anda bisa menyalin kode warna yang anda butuhkan untuk digunakan pada software lain, misalnya untuk mengubah warna background pada XnView saat menampilkan gambar.

PowerToys Run

Tekan Alt + Space, dan jendela PowerToys Run akan muncul untuk mencari dan menjalankan software (atau untuk membuka file) yang sedang anda butuhkan.

Ketikkan satu atau beberapa kata di dalam kotak pencarian, maka semua file dan software yang namanya mengandung kata-kata tersebut akan muncul di dalam hasil pencarian.

Image Resizer

Integrasinya dengan menu konteks dan beberapa preset yang disediakannya akan mempermudah anda dalam mengubah ukuran beberapa gambar sekaligus. Image Resizer juga dapat mengkompres ukuran file output secara otomatis.

Download Microsoft PowerToys Terbaru

Microsoft PowerToys juga memiliki Keyboard Manager yang bisa memetakan ulang (remapping) keyboard shortcut dan function key (Caps Lock, F1, F2, dan seterusnya). Contohnya, tombol Caps Lock dirubah menjadi tombol Num Lock, tombol huruf A ketika diketik justru menjadi huruf C, tombol F1 dirubah menjadi F11, dan seterusnya.

Yang masih sama menariknya adalah Shortcut Guide. Didalamnya tercantum semua keyboard shortcut yang menggunakan tombol Windows, misalnya Windows + E yang merupakan shortcut untuk membuka jendela File Explorer dan Windows + D untuk menampilkan desktop. Fitur-fitur cantik seperti inilah yang membuat Microsoft PowerToys sangat layak untuk anda install. Download Microsoft PowerToys terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Leave a Reply

Send this to a friend