Microsoft Endpoint Manager Windows

Microsoft Endpoint Manager Sederhanakan Pengelolaan Perangkat Windows Jarak Jauh

NESABAMEDIA.COMAda banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengelola perangkat Windows secara jarak jauh, hal ini khususnya sangat membantu di masa pandemi seperti ini. Namun sayangnya, sebagian besar membutuhkan koneksi langsung. 

Misalnya, jika pengguna hendak memasang atau memperbarui software secara jarak jauh, pengguna biasanya akan menggunakan PowerShell dan sedikit bantuan dari pengelola paket. Hal itu tidak menjadi masalah, jika perangkat pengelola dan perangkat PC berada di satu jaringan yang sama. Atau jika pengguna memiliki perangkat yang terhubung dengan jaringan perusahaan melalui VPN yang telah dikonfigurasi untuk pengelolaan jarak jauh.

Namun, karena sejak 2020 banyak perusahaan yang memutuskan kebijakan Work from Home, mereka yang tidak berada dalam satu jaringan akan mengalami kesusahan untuk mengelola tugas-tugasnya. Mungkin bisa saja membuat pengaturan khusus atau jaringan sendiri untuk itu. Hal tersebut akan oke oke saja untuk perusahaan kecil, tapi akan menjadi masalah baru bagi perusahaan berskala besar. 

Pada gelaran Ignite 2020 lalu, Microsoft telah merilis Microsoft Endpoint Manager (MEM). MEM merupakan sebuah brand baru untuk produk sistem konfigurasi perusahaan buatan Microsoft. Idenya adalah untuk menghadirkan Intune, solusi Microsoft Mobile Device Management (MDM), dan juga Microsoft Endpoint Configuration Manager (dulunya bernama SCCM) di bawah payung satu nama produk agar bisa meyakinkan pengguna bahwa Microsoft tidak akan menghentikan dukungan pada SCCM. 

Langkah ini juga memungkinkan organisasi yang memiliki SCCM bisa melakukan pengelolaan bersama Windows Endpoint mereka menggunakan Intune melalui layanan cloud di MEM tanpa membutuhkan lisensi tambahan. 

Tidak hanya masalah lisensi dan branding yang disederhanakan, namun Microsoft juga berencana untuk mengintegrasikan pengalaman administrasi dari Intune dan MECM. Pada awal 2020 lalu, Microsoft telah menambahkan inteligensi cloud ke sejumlah fitur pengelolaan PC untuk memanfaatkan data dan inteligensi yang dikumpulkan dari cloud. Dan integrasi antara Intune dan MECM semakin dekat dengan setiap rilisan terbarunya. 

Jadi Microsoft Intune atau layanan MDM bisa menjadi rujukan yang bisa diandalkan untuk pengelolaan secara jarak jauh, jika pengguna mencari sebuah solusi pengelolaan Endpoint dan tidak memiliki produk yang dibutuhkan. 

Leave a Reply

Send this to a friend