Facebook Hadirkan Monetisasi Baru Untuk Admin Grup

Facebook Hadirkan Monetisasi Baru Untuk Admin Grup

Aplikasi Facebook menerima beberapa fitur baru yang berfokus pada pengalaman komunitas di dalam halaman dan grup. Ada metode baru bagi admin untuk memonetisasi grup, dan beberapa fitur penyesuaian tambahan juga tersedia.

Kemampuan baru yang dihadirkan ini memungkinkan admin halaman untuk menyesuaikan latar belakang grup, font, warna, dan emoji agar menarik bagi basis pengguna mereka. Selanjutnya, admin dapat menampilkan halaman intro untuk menyambut anggota yang baru bergabung ke halaman atau grup mereka.

Engagement dalam grup juga bisa meningkat dengan bantuan “tombol posting” mengambang baru. Tombol posting ini memungkinkan anggota untuk memposting konten secara praktis di mana saja di dalam grup, sehingga mereka tidak perlu menggulir ke atas. Untuk memastikan informasi yang paling penting tersedia terlebih dahulu, admin sekarang dapat menyematkan pesan di bagian “Featured” baru di bagian atas grup.

Aplikasi Facebook akan menghadirkan opsi monetisasi tambahan untuk admin atau moderator grup. Selain itu juga akan memungkinkan anggota grup untuk saling mengirim lencana untuk mengakui kontribusi mereka. Grup juga mendapatkan obrolan komunitas real-time bersama dengan kemampuan untuk menjadwalkan pertemuan tatap muka atau virtual.

Lebih lanjut, Facebook sekarang juga sedang menguji fitur di mana admin dapat membuat subgrup. Subgrup ini dapat gratis atau berbayar, sehingga menawarkan metode baru untuk melakukan monetisasi.

Sebagian besar fokus perusahaan adalah meningkatkan opsi monetisasi untuk admin. Mengingat hal ini, Facebook juga menghadirkan toko tempat admin dapat menjual produk mereka. Selain itu, admin dan moderator dapat mengumpulkan uang untuk penggalangan dana grup.

Facebook juga mengizinkan admin atau moderator untuk menggabungkan halaman dan grup. Fitur ini membuat pekerjaan lebih mudah bagi admin yang mengelola banyak halaman atau grup. Perusahaan memperbarui Bantuan Admin dengan kriteria dan info baru tentang alasan penolakan beberapa konten. Selain itu, Bantuan Admin akan tersedia di semua platform, termasuk Facebook Lite.

Pengumuman tersebut merupakan bagian dari Facebook Community Summit. Meta mengatakan fitur-fitur ini akan segera diluncurkan, sementara beberapa di antaranya sedang dalam pengujian.

Ini adalah bagian dari rencana Meta untuk memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam pengalaman komunitas/grup virtual. Meski sampai saat ini segmen grup di Facebook belum mendapatkan pesaing utama, sejumlah rival mulai berfokus dalam mengembangkan layanan seperti Facebook Group. Misalnya, Twitter yang beberapa waktu lalu meluncurkan fitur Communities, meskipun sampai saat ini penerapannya sangat terbatas.

Leave a Reply

Send this to a friend