• Our Partners:

Fitur Baru Windows 11 Akan Mudahkan Anda Mengatur Environment Variable

Fitur Baru Windows 11 Akan Mudahkan Anda Mengatur Environment Variable

NESABAMEDIA.COMMicrosoft berupaya memudahkan anda dalam mengatur Environment Variable komputer di Windows 11 dan Windows 10, yang akan menghemat waktu ketika menggunakan Command Prompt

Sebagai informasi, Environment Variable ini adalah sebuah alat yang memungkinkan anda untuk mengatur direktori penting, seperti lokasi dari sebuah aplikasi atau fungsi, termasuk folder temporer. Ini juga memungkinkan anda untuk mengatur variable jejak, seperti folder di mana file executable berada, sehingga anda bisa dengan mudah menjalankan perintah dalam sebuah terminal. 

Misalnya, apabila anda mengetik mspaint di Command Prompt, itu akan diluncurkan dengan cepat, namun jika anda mengetik aplikasi pihak ketiga seperti mpv atau Chrome, pesan kesalahan akan muncul yang menyatakan bahwa mpv tidak dikenali sebagai perintah internal atau eksternal, program atau file yang tidak bisa dioperasikan. 

Hal tersebut karena aplikasi asli seperti Notepad atau Paint, sudah dicantumkan dalam jejak, namun aplikasi seperti Chrome atau MPV Player tidak termasuk. Anda bisa menggunakan Environment Variable ini untuk dengan mudah mengatur jejak untuk aplikasi apapun, namun alat tersebut sangat tidak ramah pengguna, sehingga pengguna diharuskan menjelaskan variabel untuk masing-masing akun pengguna. 

Jika anda sudah familiar dengan fitur ini, maka anda akan bisa lebih mudah lagi dan menghemat waktu di Command Prompt ketika anda diharuskan menjalankan aplikasi atau skrip tertentu. 

Microsoft mengakui bahwa halaman Environment Variable ini sangat terbatas dalam hal keterbacaan dan memahami hal seperti jejak atau folder tertentu akan susah dimengerti oleh para pemula. Microsoft ingin menampilkan jejak ini dalam cara yang lebih sederhana, memungkinkan item yang bertindak seperti daftar bisa dimasukkan ke dalam listing, dan membantu anda dengan mudah menjelaskan jejak untuk menjalankan file executable. 

“Kami mencoba beberapa cara untuk bagaimana meningkatkan Environment Variable. Kami memiliki beberapa ide, namun akan senang mendengar opini atau ide dari anda,” kata Microsoft dalam halaman Github. 

Membuat sebuah Environment Variable menggunakan PowerToys akan bekerja persis seperti yang dilakukan tanpanya. Misalnya, pengguna harus mengklik tombol Add dan memberikan nama dan nilai ke variabel. Anda juga bisa menambahkan beberapa nilai dan pengguna masih harus menjelaskan prinsip dari alat itu, seperti nilai harus dipisahkan oleh semicolon. Begitu anda selesai membuat variabel, anda bisa mengklik tombol OK untuk menerapkan perubahan.

Microsoft masih mengembangkan fitur ini, dan tidak diketahui kapan mulai diluncurkan ke pengguna.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend