Fitur Voice Search dan Blokir Video Auto-Play Microsoft Edge

Fitur Voice Search dan Blokir Video Auto-Play, Telah Hadir di Microsoft Edge

NESABAMEDIA.COMFitur suara kini menjadi metode integrasi yang penting di Windows 10 dan secara perlahan mengalami peningkatan popularitas di kalangan pengguna. Windows 10 sendiri sudah sejak lama mendukung fitur pencarian menggunakan suara atau Voice Search dan kemampuan yang sama akan segera dihadirkan ke browser Microsoft Edge dalam pembaruan berikutnya.

Fitur tersebut akan muncul sebagai opsi baru bernama Voice Search pada menu konteks di browser Edge. Opsi itu akan muncul di halaman beranda atau halaman tab baru bersanding dengan mesin pencari Bing, dan juga akan muncul di kolom alamat ketika di klik kanan. 

Dari segi fungsionalitas, fitur Voice Search di Microsoft Edge cukup mudah. Tinggal mengklik atau mengetuk opsi akan memunculkan jendela pencarian Voice Search. Kemudian pengguna cukup melakukan klik di area selain tempat opsi itu muncul atau tinggal menekan tombol ESC, maka fitur Voice Search akan tertutup. 

Jendela baru yang muncul saat pengguna membuka fitur Voice Search, akan diawali dengan tampilnya dialog “Initializing…” baru diikuti “Listening…” ketika sistem Microsoft Edge dan Windows 10 mulai mendeteksi adanya sebuah suara yang masuk. 

Setelah selesai dan pengguna mengakhiri perintah suara, sistem akan mengirimkan kueri atau permintaan ke browser Edge, kemudian hasil pencarian akan ditampilkan dalam halaman mesin pencari Bing. 

Untuk saat ini, fitur Voice Search telah dirilis hanya untuk Microsoft Edge versi Canary saja, dan baru akan dirilis ke pengguna publik kemungkinan pada akhir tahun ini. Perlu dicatat bahwa nantinya fitur Voice Search ini tidak bisa dihilangkan dari menu konteks, karena saat ini Microsoft tidak mengizinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi menu tersebut.

Selain menghadirkan integrasi Voice Search, Microsoft Edge juga mendapatkan sebuah fitur baru yang akan memblokir konten video yang berjalan atau dimulai secara otomatis. Selama ini, video yang secara otomatis dijalankan oleh situs-situs website, akan menyedot kuota data internet pengguna dan juga baterai. Jadi adanya penambahan pengaturan yang akan menonaktifkan video untuk berjalan atau dimulai secara otomatis, mendapat sambutan hangat dari para pengguna. 

Microsoft Edge juga mendapatkan peningkatan pada fitur pengelola unduhan. Nantinya, halaman unduhan di browser tersebut akan bisa diakses secara langsung dari Toolbar. Pengguna bisa memulai, menunda, melanjutkan atau menghentikan proses unduhan tanpa harus membuka halaman unduhan terlebih dahulu dan langsung melakukannya lewat Toolbar.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend