Google Akusisi Wikimedia Foundation, Akses Informasi Lebih Luas

Google Akusisi Wikimedia Foundation, Akses Informasi Lebih Luas

NESABAMEDIA.COM – Google telah mengakuisis Wikimedia Foundation untuk saling membantu dalam memberikan informasi akurat dan terbaru. Wikimedia Foundation, yang merupakan perusahaan nonprofit dibalik Wikipedia, akan menjadi bagian dari Google, Kamis (23/6/2022).

Dilansir dari The Verge, Google akhirnya mengakusisi Wikimedia, yang menangungi Wikipedia. Langkah yang diambil Google ini sangat tepat, karena Wikipedia telah terkenal dengan menyertakan sumber informasi yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis.

Wikimedia telah memberikan akses kepada penggunanya, untuk dapat memberikan laporan terkait informasi yang tidak kredibel. Sehingga, pihak Wikimedia akan segera menghapusnya dengan melakukan peninjauan.

Kerjasama Google dan Wikimedia ini nantinya akan memberikan peningkatan dari informasi, di mana pengguna dapat mengakses informasi yang lebih luas dan tanpa batas melalui laman situsnya. Pengguna dapat mengunjungi sumber yang ada, sumber ini nantinya akn terus diawas oleh Google, untuk mendapatkan URL yang aktif.

Disadari atau tidak, Google memang telah lama menggunakan Wikimedia Foundation untuk memberikan informasi kepada penggunanya. Ketika kita mengakse informasi tertentu, Wikipedia akan berada di laman pertama pencarian Google, dan memberikan informasi yang mudah dipahami.

Panel yang ada di Wikipedia, menjadi salah satu rujukan yang selalu digunakan Google untuk memberikan hasil informasi kepada penggunanya. Namun, beredar kabar bahwa Google juga ingin mengubah Wikipedia menjadi sebuah Enterprise Service.

Sebelumnya, kita ketahui bahwa Wikimedia Foundation memang tidak memiliki pendapatan yang baik seperti perusahaan digital lainnya. Maka dari itu, keputusan Google untuk menjadikan Wikipedia sebagai layanan Enterprise Service nantinya akan mendapatkan pendepatan tetap mereka.

Google memang telah diketahui membuka donasi untuk Wikimedia Foundation 2021 lalu, peningkatan fitur dari donasi tentunya tidak terlalu dirasakan. Tetapi, setelah mengakuisisi Wikimedia Foundation, akan ada fitur baru yang dapat memanjakan pengguna.

Dikonfirmasi langsung oleh Wikimedia, bahwa nantinya layanan mereka akan bersifat Enterprise Service seperti yang dikehendaki oleh Google. Layanan ini akan berjalan seperti biasa, dan tidak mengubah banyak fitur yang ada di Wikipedia.

Akses informasi juga akan diperluas, dengan menambahkan keterangan waktu, URL yang kredibel, sumber terpercaya, dan antarmuka yang lebih menarik.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend