Pixel 6 Pro

Google: Android 13 tidak bisa Downgrade ke Android 12

NESABAMEDIA.COM – Google baru saja merilis Android 13 hari ini, bersamaan dengan itu pengguna Android yang telah melakukan Upgrade sistem operasi tidak bisa Downgrade sistem untuk beberapa perangkat Google. Google menegaskan bahwa seri Pixel, 6, 6 Pro, dan 6a mendapatkan sistem operasi Android 13 secara Default, Rabu (17/08).

Google telah merilis sistem Android 13 pada hari Selasa (16/08/2022) kemarin, sistem operasi yang telah ditunggu-tunggu ini kini telah dirilis oleh perusahaan, untuk dapat langsung melakukan pembaruan ke sistem terbaru Android.

Google juga menegaskan bahwa untuk beberapa perangkat Pixel, secara otomatis akan menggunakan Android 13 sebagai sistem mereka. Google juga menegaskan bahwa perangkat Pixel tidak dapat melakukan Downgrade ke layanan sistem Android 12, karena telah diatur oleh sistem.

Meskipun memang, saat ini perangkat Pixel seperti Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan Pixel 6a telah dirilis dan menggunakan versi Android 12. Namun, Google menyarankan agar pengguna dapat melakukan pembaruan ke layanan sistem Android 13 yang baru saja dirilis.

Dalam unggahannya yang ditulis pada situs website resmi Google, perusahaan menekankan bahwa pengguna Pixel 6, Pixel 6 Pro, dan Pixel 6a yang telah melakukan pembaruan tidak dapat mengunduh pembaruan versi lama.

The Android 13 update for Pixel 6, Pixel 6 Pro, and the Pixel 6a contains a bootloader update that increments the anti-rollback version. After flashing an Android 13 build on these devices you will not be able to flash older Android 12 builds.” Tulis Google.

Google yang telah memberikan pengumuman ini, lantas juga memberikan alasan mengapa pengguna tidak dapat mengunduh versi lama sistem. Hal ini karena Google telah menggunakan dari New Bootloader terbaru mereka, yang mana tidak dapat melakukan pembaruan versi lama.

Secara umum, mungkin tidak akan membawa dampak apa pun ketika pengguna seri Pixel terbaru telah mengunduh dan memperbaharui sistem mereka ke Android 13. Karena memang perangkat ini merupakan perangkat jenis baru dari Google, yang mana telah disesuaikan dengan berbagai macam fitur tambahan dari sistem Android 13.

Sedangkan, kemungkinan besar untuk perangkat diluar dari Pixel dapat melakukan Downgrade ke Android 12. Namun, belum mendapatkan kepastian dari Google jika cara ini diperbolehkan.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend