Google Classroom

Google Classroom Kini Terhubung dengan 18 Platform

NESABAMEDIA.COM – Layanan Google Classroom kini telah memperluas layanan mereka, Classroom kini dapat terhubung dan mendapatkan integrasi dengan layanan edukasi lainnya seperti Kahoot, Wordwall, Genially, dan IXL, Rabu (03/08).

Google Classroom akan mendapatkan beberapa fitur tambahan, yang mana telah dimaksimalkan oleh Google agar dapat terhubung dan menggunakan layanan edukasi dari platform yang berbeda. Sampai saat ini, telah ada 18 platform yang telah bekerja sama dengan layanan Google Classroom.

Google Classroom telah menambahkan fitur Add-Ons yang dapat digunakan sebagai Tools untuk pelajar, dalam menghubungkan layanan Google dengan platform lain. Google sendiri telah memberikan pernyataan bahwa, layanan tersebut dimaksimalkan fiturnya untuk kebutuhan pelajar dan guru di sekolah, khususnya pelajar SMA dan Universitas.

Kemudahan yang diberikan oleh Google ialah proses masuk menggunakan akun pribadi, Google menyatakan bahwa pengguna bisa langsung mengakses layanan platform edukasi lainnya, dengan hanya sekali klik saja. Di mana menggunakan fitur Eksternal Link dan memakai akun Google.

Google memberikan akses penuh untuk integrasi atas layanan yang mereka tawarkan, kemudahan ini juga akan terasa oleh guru atau pengajar. Fitur Add-Ons ini juga akan tersedia untuk semua layanan Google Workspace, yang mana merupakan layanan yang telah lama terintegrasi.

Google Classroom Add-Ons

Add-Ons dalam Layanan Google Classroom saat ini

Layanan Google Classroom sendiri sekarang setidaknya telah mengumpulkan 18 platform edukasi yang terintegrasi dengan sangat baik, sbeut saja mulai dari Adobe Express for Edu, Formative, Pear Deck, Newsela, Kahoot!, WeVideo, Wordwall, OverDrive, Google Arts, Play Books, IXL, dan masih banyak lagi.

Integrasi yang diberikan oleh Google Classroom kepada platform yang berbeda, semaa-mata untuk menjalin kerja sama dalam meningkatkan pendidikan yang lebih baik. Misalnya dengan menggunakan layanan Pear Deck, maka pelajar tidak perlu meninggalkan Google Classroom untuk mengaksesnya. Karena dapat langsung dibuka dan ditampilkan menggunakan Add-Ons.

Hingga saat ini, layanan Google Classroom telah digunakan oleh jutaan pengguna dari seluruh dunia, untuk memudahkan proses belajar mengajar yang dilangsungkan secara daring sejak pandemi berlangsung. Integrasi yang diberikan untuk saat ini masih terbatas platform di negara tertentu saja.

Tetapi, diperkirakan layanan Google Classroom akan semakin diperluas untuk sejumlah negara, sebut saja seperti Indonesia yang mungkin akan bekerja sama dengan layanan edukasi RuangGuru.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend