Dark Mode Google Docs Sheets Slides

Google Luncurkan Dark Mode Documents, Sheets, dan Slides di Android

NESABAMEDIA.COMDark mode atau mode gelap bukan hanya menjadi tren, melainkan sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Meski sudah tersedia di beberapa produk atau aplikai buatan, Google akhirnya baru merilis dukungan dark mode ke perangkat lunak perkantoran paling populer di Android, yaitu Docs, Sheets, dan Slides.

Jika Anda memiliki perangkat Andriod 10 atau lebih baru, tema tersebut akan secara otomatis diaktifkan jika Anda telah mengaktifkan tema gelap ponsel Anda, yang dapat Anda lakukan dengan membuka “Pengaturan/Setting”, ketuk pada “Tampilan”, kemudian pilih “Tema”.

Cara lain ialah Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur untuk masing-masing aplikasi secara terpisah dengan membuka aplikasi tersebut, mengetuk tombol menu di kiri atas, memilih “Pengaturan”, kemudian lalu pilih “tema”. Anda akan dapat mengatur aplikasi secara manual: ke mode terang atau mode gelap, atau cukup ikuti tema bawaan sistem ponsel Anda.

Bagi banyak pengguna, tema gelap terasa lebih mudah di mata; ia bagus untuk tidak memiliki selembar cahaya putih yang meledakkan retina Anda saat bekerja hingga larut malam. Sebagian orang menilai mode gelap unggul dari segi estetika ketimbang mode terang, terutama ketika membuat tangkapan layar (screenshot).

Namun, sementara dark mode Google mungkin bagus saat mengerjakan dokumen, Anda tidak perlu ingin mempresentasikan dokumen seperti itu. Jangan khawatir; Anda dapat melihat pratinjau dokumen dalam tema ringan tanpa harus mengubah pengaturan Anda sama sekali. Setelah Anda membuka dokumen yang ingin Anda pratinjau, ketuk tombol ‘more’ di kanan atas dan pilih ‘view in light theme’ untuk melihat sekilas apa yang akan dilihat orang lain saat berbagi dokumen.

Mode gelap diluncurkan dan dapat digunakan mulai hari ini, meskipun mungkin perlu beberapa minggu sebelum tersedia di ponsel semua orang. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Android saat ini. Tidak ada kata pada kapan itu akan tiba di perangkat iOS atau desktop. Yang pasti, itu tinggal menunggu waktu hingga fitur tersebut tersedia di semua perangkat dan piranti.

Leave a Reply

Send this to a friend