Google Maps Review

Google Maps Berantas Ulasan Negatif Palsu?

NESABAMEDIA.COM – Perusahana teknologi raksasa, Google, kini kembali merilis fitur unggulan mereka dalam salah satu layanan platform mereka, Google Maps. Layanan ini meliputi penampahan kebijakan dari ulasan pengguna, dalam memberikan ulasan mereka untuk bisnis kecil dan besar.

Layanan Google Maps memang telah banyak mengundang pengguna ponsel pintar, untuk menggunakan layanannya yang dapat memudahkan kita ketika mencari lokasi. Layanan Google Maps telah membantu banyak orang, untuk mencari lokasi yang lebih spesifik.

Namun, rasanya tidak hanya itu saja. Layanan ini juga turut membantu para pembisnis kecil untuk mengembangkan bisnis mereka. Seperti dengan mendaftarkan lokasi bisnis mereka ke Google Maps, agar nantinya siapapun dapat mencari dan pergi ke lokasi bisnis anda.

Restoran, Café, hingga Warung Makan, semuanya dapat adna daftarkan dan menemukan menggunakan Google Maps. Layanan ini juga dapat anda gunakan, untuk melihat berbagai macam ulasan yang diberikan oleh pengguna yang pernah datang ke tempat tersebut.

Sayangnya, beberapa bulan kebelakangan banyak muncul keresahan pada pembisnis karena Google tidak memiliki fitur kebijakan untuk menghindari ulasan palsu. Ini tentu akan sangat merugikan bagi usaha kecil, yang diberikan ulasan dengan rating rendah namun palsu.

Melansir dari Suara, Pavithra Kanakarajan selaku Group Product Manager Google Maps menyatakan bahwa kedepannya aka nada beberapa peraturan dari Google, terkait denga pemberian ulasan palsu. Google akan menggunakan kombinasi manusia dan Machine Learning, untuk terus memantau ulasan yang diberikan pengguna.

“beberapa peraturan terbaru yang diterapkan oleh perusahaan Google, ialah dengan memperbolehkan suatu ulasan jika memang kredibel atau tidak. Ini nantinya kan dibantu dengan gabungkan kinerja manusia dan teknologi mutakhir,” kata Kanakarajan dalam wawancara konfersi pers secara virtual oleh Google (14/6/2022).

Tentunya in merupakan langkah yang tepat dilakukan oleh Google, guna menghindari ulasan yang mengandung kata kasar dan palsu. Google akan menggunakan teknologi yang dapat melacak keberadaan pengguna, untuk memberikan penilaian apakah pengguna tersebut pernah datang ke lokasi atau sebaliknya.

Sebenarnya, Google Maps juga telah dibekali dengan fitur yang dapat anda gunakan untuk melaporkan ulasan negatif. Melalui fitur ‘Tandai Sebagai Tidak Layak’, para pemilik bisnis dapat melaporkan ulasan negatif ke pihak Google, jika memang memiliki kalimat yang mengandung ulasan kasar.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend