Hal Baru Yang Dihadirkan Microsoft Untuk Tahun 2021 Ini

Hal Baru Yang Dihadirkan Microsoft Untuk Tahun 2021 Ini

NESABAMEDIA.COMDi tahun 2021 ini, Microsoft berencana untuk merilis beberapa hal baru mulai dari produk terbaru perangkat Surface dan pembaruan piranti lunak untuk Windows 10. Pembaruan tersebut termasuk pada Windows 10X, Windows 10 Sun Valley, Windows Cloud PC, Surface Laptop 4, Surface Duo 2 dan banyak lagi lainnya. 

Windows 10 21H1

Pembaruan utama pertama tahun ini adalah pembaruan Windows 10 musim semi 2021 atau 21H1 dan pada dasarnya berbasis pada pembaruan versi 2004 dan 20H2, serta akan didistribusikan melalui paket pengaktifan. Ini bukanlah sebuah pembaruan yang besar, dan tidak akan berisi perubahan yang mencolok. 

Pembaruan ini hadir dengan peningkatan pada kualitas layanan, yang seharusnya akan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Misalnya, pengguna akan mendapatkan peningkatan pada Windows Hello dan Group Policies. 

Ada kemungkinan bahwa fitur-fitur yang sudah ada akan mendapatkan peningkatan melalui Windows Feature Experience Packs, yang merupakan sebuah cara baru untuk memperbarui dan meningkatkan sistem operasi tanpa pembaruan fitur utama. 

Windows 10 21H2 Sun Valley

Setelah pembaruan musim semi, Microsoft berencana untuk merilis Windows 10 21H2, dan telah dijadwalkan untuk hadir pada musim gugur tahun 2021 ini dengan sebuah penyegaran pada antarmuka pengguna berkode nama Sun Valley. 

Informasi bocoran dari pihak internal Microsoft menyebut bahwa pembaruan ini akan menghadirkan tampilan ujung jendela membulat (rounded corners) pada Start Menu, Action Center, dan area lainnya yang ada di Windows 10. 

Peningkatan lainnya adalah hadirnya fitur Paste as Plain Text, migrasi aplikasi lama ke versi modern melalui halaman Settings, lalu fitur DNS-over-HTTPS, pengaturan baterai yang baru, peningkatan performa untuk pengaturan GPU dan Task Manager. 

Windows 10X

Pada awalnya Windows 10X dijadwalkan akan dirilis pada musim semi tahun ini, namun sebuah laporan baru mengungkap bahwa terjadi penundaan lagi, dan bahkan tidak akan tersedia setidaknya pada paruh kedua tahun ini. 

Windows 10X ini adalah versi lain dari Windows yang disederhanakan dan didesain berfokus pada keamanan dan performa. Selain antarmuka yang baru, Windows 10X juga hadir dengan fitur keamanan yang baru seperti perlindungan anti-maling, yang didesain untuk mencegah pencuri perangkat menghapus data dan menggunakan perangkat yang hilang itu. 

Cloud PC

Microsoft cukup sibuk mengerjakan pengembangan pengalaman menggunakan Windows di perangkat PC yang bernama Cloud PC, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan desktop mereka di layanan Cloud dan mengaksesnya secara jarak jauh menggunakan perangkat lain seperti Windows, Android, iOS dan browser web. 

Cloud PC tampaknya akan menjadi bagian dari Windows 10X yang mengaktifkan dukungan streaming aplikasi Win32 untuk pelanggan bisnis. Perlu dicatat bahwa Cloud PC ini di desain untuk para pelanggan bisnis, dan ditawarkan dalam layanan berbayar, setidaknya. 

Surface Laptop 4 dan Surface Pro 8

Microsoft juga berencana untuk mengumumkan perangkat Surface Laptop 4 dengan varian prosesor AMD dan Intel. Berdasarkan pada bocoran benchmark, prosesor yang digunakan adalah AMD Ryzen seri 4000 dan Intel Tiger Lake-U. 

Sayangnya Microsoft tidak berencana untuk mengubah laptop Surface mereka dengan desain yang baru. Peningkatan pada bagian desain, diharapkan akan dihadirkan pada produksi tahun 2022 mendatang. 

Sementara itu Surface Pro 8, diperkirakan akan menggunakan desain baru, dan mendukung RAM sampai dengan 32GB dan penyimpanan SSD 1TB, namun tidak akan dipasarkan sebelum musim gugur nanti. 

Leave a Reply

Send this to a friend