Qualcomm dan Trimble Hadirkan Tingkat Akurasi Lokasi Android Hingga 1 Meter

Kolaborasi Qualcomm dan Trimble Hadirkan Tingkat Akurasi Lokasi Android Hingga 1 Meter

NESABAMEDIA.COMDalam beberapa bulan mendatang, smartphone Android yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1 dan Snapdragon 888 akan mampu mengukur data lokasi hingga tingkat akurasi 1 meter atau sekitar 3 kaki.

Qualcomm akan menggunakan layanan RTX GNSS milik Trimble, yang telah lama bekerja dengan mereka, untuk memungkinkan pabrikan smartphone Android, penyedia layanan dan pengembang aplikasi memberikan informasi lokasi yang lebih akurat kepada pengguna. 

Trimble mengklaim hal tersebut dan Qualcomm akan meningkatkan tingkat akurasi Android hingga 5 kali lipat dibandingkan kemampuan yang ada saat ini. Teknologi tersebut, yang mungkin akan tersedia pada kuartal kedua tahun ini, akan memungkinkan fitur seperti petunjuk jalan hingga tingkat lajur jalan raya untuk sistem navigasi kendaraan. Ini juga akan membantu pengguna menemukan pengemudi jasa transportasi online lebih mudah, dan memberikan titik jemput dan tujuan yang lebih presisi. 

Kolaborasi baru ini memperluas hubungan Trimble yang sudah ada dengan Qualcomm Technologies untuk memberikan solusi penentuan posisi dengan akurasi tinggi untuk kendaraan yang terhubung, Advanced Driver Assistance Systems (ASD) dan solusi mengemudi otonom untuk pabrikan otomotif dan pemasok Tier 1. 

“Trimble dan Qualcomm Technologies memiliki sejarah inovasi dalam teknologi lokasi seluler, baik secara terpisah maupun kolaboratif. Bersama-sama, kami meningkatkan fungsionalitas smartphone Android premium, membantu aplikasi seluler memberikan informasi yang lebih baik tentang lingkungan sekitar pengguna,” kata Lisa Wetherbee, Manajer Umum Trimble Advanced Positioning. 

“Pemosisian yang tepat, di mana akurasi bisa turun hingga satu meter atau kurang, adalah kemampuan yang diperlukan dalam smartphone Android premium generasi berikutnya, menyediakan pemetaan yang lebih baik, navigasi yang lebih akurat dan layanan baru yang menarik bagi konsumen,” tambah Francesco Grilli, Wakil Presiden Qualcomm Technologies.

Tidak jelas apakah smartphone yang sudah ada sekarang ini di pasaran akan mampu menggunakan data lokasi yang lebih presisi dengan teknologi ini. Di sisi lain, prospek data lokasi yang lebih akurat secara alami juga meningkatkan pertanyaan mengenai masalah privasi.

Namun pengguna masih memiliki kontrol atas hal ini, dengan mendapatkan opsi untuk mematikan sistem pelacakan lokasi data untuk aplikasi secara individu dan menghapus riwayat lokasi dari sistem operasi Android. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend