• Our Partners:

Microsoft Ajukan Paten Perangkat Lipat Diduga Surface Duo 3

Microsoft Ajukan Paten Perangkat Lipat Diduga Surface Duo 3

NESABAMEDIA.COMMicrosoft bukanlah pemain asing dalam hal inovasi, karena telah meluncurkan segudang produk mengesankan dalam branding Surface mereka, seperti Surface Duo dan Surface Book.

Kini mereka mengerjakan generasi berikutnya dari perangkat smartphone dual-screen yang bernama Surface Duo 3, dan eksperimen berikutnya akan menjadikan perangkat lebih tahan lama, menurut detail paten yang baru saja diterbitkan.

Sebuah paten baru berjudul Foldable Display Device, menunjukkan sebuah perangkat lipat dual-screen yang menggunakan sebuah lipatan. Microsoft menyebut ini sebagai ‘single-piece rear cover’, yang tampaknya menggunakan material yang bisa melar di sebuah area yang diperluas, dan ini terletak di sebelah engsel, yang mirip dengan yang ada di Galaxy Fold. 

Keuntungan paling menonjol adalah desain baru ini tidak akan menghabiskan banyak ruang dari bodi smartphone lipat. Artinya, smartphone lipat Android generasi berikutnya dari Microsoft akan lebih ramping daripada perangkat dual-screen. Desain ‘Rear Cover’ itu juga akan lebih tahan lama dibandingkan dengan Galaxy Fold dan smartphone lipat sejenis, sehingga tidak akan mudah patah. 

Dalam pengajuan paten tersebut, Microsoft membicarakan mengenai sebuah perangkat lipat yang bisa dilipat sampai 360 derajat. Ini menggunakan cover belakang dan sebuah lapisan kaca yang melapisi seluruh layar dan lapisan yang memancarkan cahaya ditambahkan di antara cover belakang dan lapisan kaca tersebut, untuk memastikan pengalaman alami. 

Terdapat juga sebuah backplate antara cover belakang dan lapisan yang memancarkan cahaya.

Meski ini terdengar sangat menarik, namun kita tahu bahwa perangkat yang menggunakan satu layar atau lapisan kaca ultra-tipis dengan film plastik memiliki lipatan mekanis yang terlihat. Salah satu contoh yang sempurna adalah Samsung Fold, yang memiliki kerutan dan artefak visual lainnya di bagian layar lipatnya, dan juga sangat rentan terhadap retakan dan kerusakan fisik lainnya. 

Paten perangkat Surface Duo 3 ini menggunakan sebuah kaca yang bisa dilipat dengan backplate yang menggunakan slot backplate, yang memungkinkan lipatan dengan menghindari terlihatnya lipatan mekanis. 

Mengingat adanya perombakan divisi dan Microsoft yang semakin meningkatkan fokus pada platform Android, ada kemungkinan besar bahwa perangkat ini mungkin akan diwujudkan dan hadir ke pasaran, walaupun tidak diketahui kapan pastinya. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend