• Our Partners:

Microsoft Terapkan KIR Perbaiki Masalah Tab IE Macet di Edge

Microsoft Terapkan KIR Perbaiki Masalah Tab IE Macet di Edge

NESABAMEDIA.COMBulan Juni 2022 menjadi bulan bersejarah bagi Microsoft. Mereka akhirnya mengeluarkan pengumuman final untuk mengakhiri dukungan atas Internet Explorer 11, di mana bulan Juni ini juga menandai akhir dari era IE yang telah melayani pengguna selama beberapa dekade. IE11 sendiri diperkenalkan bersamaan dengan Windows 8.1 yang juga akan berakhir masa dukungannya pada awal tahun 2023 mendatang. 

Microsoft pun ingin semua pengguna IE yang tersisa untuk beralih ke browser Edge dengan mode IE khusus. Namun sayangnya, pembaruan Windows 11 KB5014019 justru memberikan catatan buruk bagi mereka yang siap untuk meninggalkan browser lama tersebut.

Microsoft baru saja memperbarui dokumentasi resmi Windows Health Dashboard dengan pemberitahuan mengenai perbaikan bug yang mengganggu di Windows 11 dan 10. Menurut Microsoft, pembaruan Windows 11 KB5014019 membawa bug yang menyebabkan tab IE di browser Edge macet.

Setelah memasang pembaruan Windows 11 KB5014019 dan yang lebih baru, tab Mode IE di browser Edge mungkin akan macet atau berhenti memberikan respon, ketika situs menampilkan kotak dialog modal. Kotak dialog modal adalah semacam formulir atau kotak dialog yang mengharuskan pengguna memberikan respon sebelum melanjutkan atau berinteraksi dengan bagian lain dari halaman web atau aplikasi. 

Dalam catatan khusus pengembang, Microsoft mengatakan bahwa situs yang terdampak oleh bug ini akan memanggil window.focus. 

Beruntungnya, tidak ada yang harus dilakukan oleh para pengguna yang terdampak oleh masalah ini untuk melakukan perbaikan. Microsoft menerapkan mekanisme perbaikan Known Issue Rollback (KIR) untuk membatalkan pembaruan yang bermasalah itu, tanpa harus memasang patch tambahan. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan pengguna ketika memakai mode IE adalah melakukan restart komputer, untuk menerapkan KIR lebih cepat, dan masalah teratasi.

Dari dokumentasi yang dirilis Microsoft, diketahui bahwa bug tersebut berdampak pada pengguna dengan Windows 11 21H2, Windows 10 21H2, 21H1, 20H2 dan Windows Server 2022.

Tab yang bermasalah di mode IE browser Edge, bukanlah satu-satunya masalah yang harus diperbaiki Microsoft bulan ini. Sebelumnya mereka juga telah merilis pembaruan opsional dalam skala besar untuk Windows 11, guna memperbaiki sejumlah masalah serius yang berdampak ke hotspot Wi-Fi, masalah otentikasi, game yang tidak bisa dibuka dan lainnya. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend