• Our Partners:

Microsoft Xbox Akan Tampilkan Simbol Khusus Pada Game Yang Bermasalah

Microsoft Xbox Akan Tampilkan Simbol Khusus Pada Game Yang Bermasalah

NESABAMEDIA.COMMenurut Eden Marie, Kepala Teknik Microsoft Xbox, pihaknya saat ini tengah melakukan pengujian untuk menerapkan sebuah logo atau simbol baru untuk game dengan kategori tertentu di Xbox. Logo ini nantinya memiliki fungsi untuk mengidentifikasi judul game yang tidak bisa dimainkan di perangkat pengguna. 

Dari gambar di atas, terlihat adanya dua tanda peringatan di sebelah pojok kanan bawah beberapa judul game di antarmuka Xbox. Berikut penjelasan dari tanda tersebut:

  • Segitiga dan Tanda Seru, menunjukkan bahwa game tidak ada di daftar pustaka langganan Xbox Game Pass, atau pengguna tidak masuk ke akun Xbox Live terkait.
  • Disc dan Simbol Larangan, menunjukkan bahwa disk untuk game terkait tidak dimasukkan dan perlu dimasukkan terlebih dahulu untuk bisa dimainkan.
Logo Game Xbox Baru

Tanda Game Xbox Baru

Menurut laporan, pelacakan disk yang hilang hanya akan bisa bertahan selama sekitar satu tahun, dan catatan akan hilang setelah dilakukan reset pabrik. Microsoft telah mendorong fitur ini ke beberapa insider di Xbox Alpha dan Alpha Skip Ahead. Ini untuk membantu pengguna menentukan dengan lebih baik game mana yang tidak bisa dimainkan dan alasan di baliknya. 

Lebih lanjut, Marie mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan peningkatan terhadap fitur pengidentifikasi, guna memungkinkan para pengguna menentukan alasan yang tepat mengapa mereka tidak bisa memainkan game, dengan informasi dan detail yang lebih baik lagi. Ini termasuk ketika terjadi gangguan sementara pada layanan Xbox. 

Sementara itu, laporan lain juga mengungkap rencana Microsoft yang tidak lagi menyediakan game gratis untuk Xbox 360 kepada para pengguna yang berlangganan paket Gold. Rencana ini sendiri akan mulai diberlakukan secara penuh setelah bulan Oktober tahun 2022 ini. 

“Kami telah mencapai batas kemampuan kami untuk memasukkan game Xbox 360 ke dalam program Games With Gold,” ungkap Microsoft melalui sebuah email yang dikirimkan ke para pengguna Xbox Live Gold. 

Perlu dicatat bahwa perubahan ini tidak akan mempengaruhi game Xbox 360 yang sudah diunduh atau ditukarkan oleh pengguna sebelum Oktober. Game Xbox 360 yang sudah didapatkan, akan tetap berada di akun Xbox pengguna, terlepas dari apakah mereka terus berlangganan Game With Gold. Setelahnya, program Games With Gold akan terus menawarkan game Xbox One, dan penawaran eksklusif setiap bulannya. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend