Notepad Windows 11 Baru, Terasa Lebih Lambat Dari Versi Win32

Notepad Windows 11 Baru, Terasa Lebih Lambat Dari Versi Win32

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tampaknya telah menjadikan Notepad yang baru saja didesain ulang tersedia untuk semua pengguna Windows 11, beberapa pekan yang lalu setelah mengujinya dengan sejumlah pengguna secara terbatas.

Notepad yang baru selaras dengan penyegaran pada sistem operasi. Mirip dengan aplikasi Paint dan Office, yang juga telah diperbarui dengan Fluent Design, yang membawa sudut membulat di banyak area.

Notepad juga hadir dengan kompatibilitas mode gelap, dan terlihat sangat hebat di Windows 11. Bahkan ini memiliki font baru untuk tombol-tombolnya, menu dan sejumlah aspek lain. Perubahan ini adalah yang paling signifikan dialami Notepad sejak bertahun-tahun yang lalu, karena antarmuka keseluruhan aplikasi tidak banyak mengalami perubahan sejak dulu.

Notepad memiliki ciri khas sebagai aplikasi yang sederhana dan menjadi aplikasi penyuntingan teks untuk Windows, namun tampaknya baru-baru ini dikeluhkan menjadi lebih lambat dari biasanya di Windows 11. Ada beberapa postingan di Feedback Hub yang menyorot mengenai masalah kinerja dari aplikasi Notepad, termasuk sebuah bug di mana pengguliran vertikal terasa ada hambatan dan tidak lancar.

“Animasi pengguliran vertikal di Notepad Windows 11 terasa tidak seperti biasanya, dan tidak konsisten dengan aplikasi Windows lainnya. Notepad di Windows 11 menggulir dengan jumlah baris yang dikonfigurasi, tetapi terasa sangat lambat. Seharusnya ini tidak dianimasikan saja, atau dianimasikan lebih cepat,” ungkap salah satu pengguna yang terdampak.

Ada masalah lain di mana Notepad tidak memproses teks dengan cepat, ketika anda menempel teks hingga banyak baris, misalnya 500 baris dari aplikasi seperti Microsoft Excel.

Waktu pemuatan Notepad juga sangat lambat, dan dalam beberapa kasus bahkan tidak pernah berhenti. Juga menempel teks yang disalin dari Notepad itu sendiri sangat lambat. Padahal, di versi Win32, ini sangat cepat.

Untungnya, Microsoft telah mengetahui masalah pada Notepad ini, dan akan mendapatkan perbaikan pada pembaruan berikutnya, yang saat ini sedang dalam pengujian. Berdasarkan keterangan dari pihak Microsoft, pembaruan Notepad akan membawa peningkatan kinerja tambahan ketika anda menggulir file berukuran sangat besar, atau mengganti teks dalam jumlah yang sangat banyak. 

Microsoft juga memperbarui Notepad dengan dukungan ARM64 asli, sehingga kinerjanya akan lebih baik di perangkat ARM64 di versi 11.2204.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend