Pembaruan Opsional Windows 10 KB5014666 Tiba, Bawa Fitur Pencetakan Baru

Pembaruan Opsional Windows 10 KB5014666 Tiba, Bawa Fitur Pencetakan Baru

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja merilis pembaruan opsional baru untuk mereka yang menggunakan Windows 10 21H2, 21H1 dan Windows Server 20H2.

Pembaruan itu adalah Windows 10 KB5014666 dengan masing-masing build 19042.1806, 19043.1806 dan 19044.1806. Ini membawa perbaikan bug untuk pembaruan kumulatif tradisional dan peningkatan minor, termasuk yang cukup mengejutkan adalah beberapa fitur pencetakan baru. 

Ini adalah pembaruan kumulatif Windows 10 KB5014666 yang sebelumnya telah dihadirkan ke saluran Pratinjau Rilis beberapa hari yang lalu. Setelah proses pengujian tahap akhir tersebut, dan Microsoft menilai tidak ada lagi perubahan yang dibutuhkan lebih lanjut, akhirnya pembaruan ini pun dihadirkan ke saluran stabil.

Seperti yang telah dikupas dalam daftar perubahan, pembaruan ini menambahkan pengauditan alamat IP untuk sambungan Windows Remote Management yang masuk dalam event keamanan 4262 dan event WinRM 91.

Adapun kehadiran fitur ini juga untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan pencatatan sumber alamat IP dan nama mesin untuk sambungan PowerShell jarak jauh mengalami kegagalan. 

Selain itu ada juga penambahan Server Message Block (SMB) yang menjadi pengalih dari kode publik spesifik File System Control (FSCTL), yakni FSCTL_LMR_QUERY_INFO. 

Kemudian ada fitur baru pada Print and Scan, seperti penambahan dukungan IPP over USB. Ini adalah fitur dukungan yang ditambahkan oleh Microsoft atas Internet Print Protocol (IPP) untuk jaringan printer di tahun 2018, dengan dirilisnya Windows 10 versi 1809. Dengan adanya fitur ini, mereka memperluas dukungan IPP ke printer USB.

Fitur pada Print and Scan lainnya yakni dukungan API aplikasi, di mana dengan menggunakan framework PSA, para pabrikan printer nantinya akan bisa lebih jauh memperluas fungsionalitas produk printer mereka, termasuk juga pada area pengalaman pengguna. 

Fitur perlindungan pencetakan untuk IPP dan Universal Print juga diperkenalkan, yang nantinya pada dialog pencetakan standar akan menyertakan sebuah antarmuka pengguna untuk memasukkan kode PIN. 

Fitur terakhir adalah Windows kini mendukung protocol eSCL Mopria Scan, yang bisa digunakan dengan perangkat yang memiliki sertifikasi Mopria. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend