Pembaruan Windows 11 Ternyata Juga Hadirkan Fitur Subscriptions Baru

Pembaruan Windows 11 Ternyata Juga Hadirkan Fitur Subscriptions Baru

NESABAMEDIA.COMYang paling ditunggu dari pembaruan kumulatif pertama untuk Windows 11 yang dirilis Microsoft, adalah dukungan aplikasi Android. Namun ada pembaruan kecil lainnya di pembaruan kumulatif Windows 11 itu yang juga layak untuk diapresiasi, namun terlewat dari sorotan, yakni Subscriptions. Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melacak layanan berlangganan mereka dengan lebih mudah. Meski fitur ini sendiri masih membutuhkan banyak peningkatan.

Setelah memasang pembaruan yang dirilis Microsoft beberapa hari yang lalu, pengguna Windows 11 akan menemukan sebuah daftar yang bernama ‘Your Subscriptions’ di halaman Settings → Accounts → Your Microsoft Account. 

Halaman tersebut akan menampilkan daftar layanan berlangganan yang anda ikuti seperti Microsoft 365 atau lainnya. Selain itu juga akan ada informasi mengenai tagihan dari layanan yang anda ikuti, dengan siapa anda berbagi, dan juga menyediakan informasi mengenai penyimpanan cloud OneDrive. Untuk saat ini, informasi langganan yang akan muncul di dashboard utama hanya Microsoft 365. 

Sementara, jika anda saat ini sedang memiliki layanan berlangganan di Xbox Game Pass, itu tidak akan muncul di dashboard. Namun, ada sebuah tombol di bawahnya bernama “All Subscriptions”, yang jika diklik akan mengarahkan anda ke halaman daftar langganan di situs Microsoft. Dan di situlah daftar langganan anda lainnya akan ditampilkan. 

Microsoft telah menawarkan layanan Xbox Game Pass untuk PC sejak tiga tahun yang lalu, jadi adalah hal yang mungkin cukup aneh tidak memasukkan layanan tersebut di halaman dashboard seperti layanan 365. Terlebih, Xbox Game Pass selama ini selalu masuk dalam daftar teratas layanan penyumbang pendapatan perusahaan. 

Lebih anehnya lagi, fitur daftar langganan baru ini tidak muncul di Windows 10, dan sepertinya hanya untuk Windows 11 saja. Jadi fitur ini layak untuk mendapatkan peningkatan dan pembaruan yang lebih konkret lagi di masa mendatang.

Apapun itu, fitur ini bisa menjadi langkah awal dalam menawarkan pelacakan layanan Windows, mirip seperti yang dimiliki Apple di menu pengaturan iOS. Di sana anda bisa melacak layanan anda seperti Apple Arcade, penyimpanan iCloud, atau Apple TV Plus. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend