Pengertian Skripsi Beserta Tujuan, Kerangka dan Ciri-Cirinya

Pengertian Skripsi

Bagi Anda yang merupakan seorang mahasiswa tentunya sudah mengerti mengenai skripsi. Atau bahkan mungkin sejak awal mulai di bangku perkuliahan Anda sudah mengenal dengan istilah ini.

Lalu apa itu skripsi? Pengertian skripsi adalah sebuah karya ilmiah yang dibuat oleh seorang mahasiswa yang menempuh program sarjana (S1). Dimana skripsi ini dibuat pada akhir masa studi atau perkuliahan.

Dimana skripsi ini tidak hanya dibuat sebagai bahan untuk lulus atau agar bisa menjadi seorang sarjana (S1) saja. Namun pembuatan skripsi lebih ditujukan untuk melihat sejauh mana seorang mahasiswa memahami dan menguasai ilmu perkuliahan yang ia pelajari selama 4 tahun ini. Sehingga tema dari skripsi pun sesuai dengan bidang perkuliahan masing-masing mahasiswa.

Fungsi dan Tujuan Skripsi

Pengertian Skripsi dan TujuannyaSkripsi tidak hanya dibuat oleh mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja. Namun mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga harus membuatnya ketika sudah akan lulus. Sedangkan fungsi utama dari pembuatan skripsi adalah:

1. Bukti dari bangku kuliah selama 4 tahun

Jika pada bangku sekolah SD, SMP, dan SMA orang yang mengajarnya adalah guru maka di bangku perguruan tinggi orang yang berperan sebagai pengajar di sebut dosen. Ketika seorang mahasiswa sudah mendekati semester akhir maka akan diminta untuk membuat skripsi. Dimana fungsi skripsi ini adalah sebuah bukti seorang mahasiswa mampu memahami dengan baik apa yang ia pelajari selama 4 tahun sebagai mahasiswa.

2. Bekerja sesuai bidangnya

Fungsi utama dari pembuatan skripsi adalah agar seorang mahasiswa bisa memahami pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Karena skripsi membutuhkan riset di lapangan secara langsung. Sehingga seorang mahasiswa bisa tahu apa sebenarnya pekerjaan yang akan ia dapatkan dari jurusan yang ia ambil.

Selain ketiga fungsi diatas, pembuatan skripsi tentunya memiliki tujuan. Adapun tujuan dari pembuatan skripsi adalah:

1. Bisa menuliskan hasil pemikiran ke sebuah karya ilmiah

Salah satu tujuan dari pembuatan skripsi adalah agar mahasiswa mampu menuliskan apa yang mereka pikirkan ke dalam sebuah karya ilmiah. Dimana hasil pemikiran ini di susun secara sistematis dan padat serta jelas sehingga mudah dipahami oleh orang lain. Jadi ketika dosen maupun orang lain membaca hasil skripsi maka mereka akan langsung mengerti maksud dan tujuan dari skripsi tersebut.

2. Menguraikan serta menyelesaikan permasalahan

Dalam kerangka skripsi tidak hanya terdapat bagian penjelasan kegiatan saja. Namun Anda juga akan diminta untuk menjelaskan masalah apa saja yang Anda alami selama pembuatan skripsi. Dimana tujuan dari dibuatnya bagan ini adalah agar setiap mahasiswa bisa menguraikan permasalahan yang ada. Lalu mencari jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah terjadi tadi.

3. Agar memiliki pemikiran yang logis

Ketika seorang mahasiswa diminta untuk membuat sebuah skripsi maka mereka dituntut untuk bisa berpikir secara logis. Dimana berpikir secara logis disini artinya seorang mahasiswa harus mengabaikan semua perasaan yang ada dan lebih mementingkan logikanya. Sehingga nantinya bisa didapat sebuah hasil skripsi yang bisa di pertanggung jawabkan dan sesuai dengan fakta yang ada.

Kerangka Skripsi

Kerangka SkripsiKerangka skripsi dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:

1. Pendahuluan (BAB I)

Dalam bagian pendahuluan yang terletak di BAB I ini terbagi menjadi:

Latar belakang

Latar belakang berisi mengenai hal yang akan di teliti secara lengkap sekaligus permasalahan yang mungkin terjadi selama proses pembuatan skripsi. Sedangkan tipe pembahasan di latar belakang ini ada dua metode yaitu induktif thinking dan deduktif thinking. Dimana jika yang dipakai deduktif thinking maka menjelaskan pembahasan umum ke khusus. Sedangkan induktif thinking adalah pembahasan khusus ke umum.

Rumusan permasalahan

Rumusan masalah ini berupa pertanyaan yang dibuat pada awal skripsi. Dimana tujuan dari pembuatan rumusan masalah adalah menjadi penjelasan dari masalah atau hal yang dibahas pada skripsi yang Anda buat.

Maksud & tujuan penelitian

Tentunya skripsi yang dibuat memiliki maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Dimana maksud dan tujuan dari penelitian ini dijelaskan pada BAB I.

2. Tinjauan pustaka, kerangka pemikiran, dan hipotesis (BAB II)

Pada BAB II berisi:

Tinjauan pustaka

Yang dimaksud dengan tinjauan pustaka adalah kumpulan teori-teori yang akan dibahas pada skripsi.

Penelitian sebelumnya yang relevan

Di BAB II ini juga di cantumkan hasil penelitian terdahulu yang paling relevan lalu di bandingkan dengan penelitian yang dilakukan saat ini.

Kerangka pemikiran

Di kerangka pemikiran ini ada dua tipe yaitu induktif dan deduktif. Dimana pada kerangka deduktif maka kerangka pemikiran berisikan dalil, teori, dan juga hukum yang sangat relevan dengan skripsi. Atau bisa dibilang merupakan kerangka pikiran yang dapat diuji. Sedangkan tipe induktif adalah kerangka pikiran yang berisi dugaan sementara hingga ditemukan benang merah diantara keduanya.

Hipotesis

Hipotesis adalah kesimpulan sementara dari skripsi.

3. Metode Penelitian (BAB III)

Sedangkan pada BAB III ini ada beberapa bagian, yaitu:

Design penelitian

Pada design penelitian harus ditentukan metode yang akan digunakan untuk menggambarkan suatu masalah.

Oprasional variabel

Di bagan ini dijelaskan data mana yang akan dipakai. Baik itu data kualitatif maupun data kuantitatif.

Cara pengumpulan data

Pengumpulan data dilakukan melalui cara observasi, wawancara, kuisioner, hingga studi pustaka.

Teknik penentuan data

Ada dua pemahaman pada cara pengumpulan data. Yaitu pemahaman pertama yang menyatakan jika data diambil dari data yang sudah diolah dan belum diolah. Lalu pemahaman kedua yang menyatakan jika data diambil dari sumber lain atau pihak ketiga.

Uji validasi dan reabilitas

Setelah data di kumpulkan dan di tentukan maka data di uji dulu kevalidasinya dan reabilitasnya.

4. Kesimpulan dan Saran (BAB IV)

Apabila BAB I hingga BAB III sudah selesai dibuat maka tinggal membuat BAB IV yang berisi kesimpulan dan saran dari permasalahan yang ada diatas.

5. Penutup

Setelah kesimpulan dan saran maka selanjutnya membuat lampiran daftar pustaka. Dimana pada lampiran daftar pustaka ini berisi buku-buku yang Anda gunakan untuk membuat skripsi maupun informasi lain yang Anda pakai. Sebaiknya sumber yang Anda pakai jelas dan dapat diuji sehingga bisa Anda jelaskan ke dosen pembimbing ketika ditanya nantinya

Ciri-Ciri Skripsi

Pengertian Skripsi dan Ciri-CirinyaAdapun ciri-ciri dari skripsi yang baik dan berkualitas adalah:

1. Latar belakang jelas

Skripsi yang kualitasnya bagus dapat dilihat dari seberapa jelas latar belakang yang ada di skripsi tersebut.

2. Referensi dari sumber yang jelas

Tentunya untuk membuat skripsi yang baik Anda harus memakai sumber yang jelas dan dapat diuji atau bahkan dari artikel jurnal yang memiliki rating.

3. Penulisan rapi

Skripsi yang berkualitas juga ditulis dengan rapi serta minim typo atau salah pengetikan. Begitupun dengan daftar pustaka harus disusun serapi mungkin.

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian skripsi yang bisa Anda pelajari. Ingat, buatlah skripsi Anda sendiri agar saat sidang nanti Anda tidak kebingungan ketika menjelaskan skripsi yang Anda miliki.

Leave a Reply

Send this to a friend