• Our Partners:

Surface Duo Bisa Jalankan Windows 11, Namun Ada Syaratnya

Surface Duo Bisa Jalankan Windows 11, Namun Ada Syaratnya

NESABAMEDIA.COMKetika Microsoft mengungkap perangkat layar ganda Surface Duo yang aneh itu, banyak orang yang kecewa dengan pemilihan sistem operasi di perangkat itu. Perangkat lain dari keluarga Surface hadir dengan Windows sebagai sistem operasi bawaannya, dan memakai Android di perangkat Duo terlihat seperti kesempatan yang dibuang begitu saja.

Microsoft memiliki rencana untuk mengubah hal ini dengan menghadirkan Windows 10X untuk Surface Neo, namun peluncuran dibatalkan, dan perangkat itu ditunda sampai jangka waktu yang belum ditentukan. Memang ada cara untuk bisa menggunakan Surface Duo dengan Windows 10 atau 11, namun dengan syarat tertentu.

Pertama, ini adalah sebuah proyek besar DIY yang digarap oleh seorang pengembang bernama Gustave Monce, yang memutuskan untuk mencoba dan memporting Windows ke sejumlah perangkat Android, seperti Lumia 950, 950 XL dan Surface Duo. 

Dan seperti yang mungkin sudah anda bayangkan, menjadikan Windows untuk bisa berjalan di perangkat Surface Duo tidak semudah kelihatannya. Dalam petunjuk yang dibagikan, itu membutuhkan beberapa alat khusus, dan beberapa keahlian teknis serta keberanian untuk menanggung resiko yang ada. 

Build terbaru telah memperbaiki beberapa masalah dan mampu mengaktifkan jaringan Wi-Fi, seluler, GPS, dan eSIM di Surface Duo, namun masih banyak hal yang masih belum bisa bekerja dengan semestinya. 

Berikut ini beberapa perubahan yang dihadirkan:

  • Wi-Fi kini bisa digunakan (2.5Ghz/5Ghz). Namun Mac Address belum didukung di sini.
  • Data seluler kini bisa digunakan, LTEA/LTE/HSDPA+/HSDPA/EDGE/GPRS.
  • Teks seluler bisa digunakan. Pakai aplikasi perpesanan untuk mengirim dan menerima pesan.
  • Panggilan, VoLTE, RCS dan lainnya akan didukung pada rilisan berikutnya.
  • Dukungan eSIM kini sudah aktif dalam rilisan ini.
  • GPS kini sudah bisa digunakan.

Sekarang, kita bahas apa saja yang masih belum bisa digunakan. Pertama, anda tidak bisa melakukan panggilan, dan dijanjikan akan didukung pada rilisan berikutnya. Kamera tidak bisa bekerja. Ada sejumlah masalah rendering, orientasi, bug pada USB dan lainnya.

Apapun masalah dan bug yang ada, proyek DIY ini cukup menyenangkan untuk diikuti, untuk bisa melihat apa yang menjadi rasa penasaran banyak orang selama ini. Dan mungkin juga anda memiliki Surface Duo yang bisa dijadikan eksperimen, anda bisa mencobanya. Petunjuk lengkapnya ada di sini.

Semoga saja, Microsoft menyadari keberadaan proyek ini, sehingga mau menyediakan Windows untuk perangkat Surface Duo dengan dukungan resmi. Ya, semoga saja.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend