• Our Partners:

Windows 11 Jadi Sistem Operasi Dengan Kinerja Terbaik, Linux dan Ubuntu Membuntuti

Windows 11 Jadi Sistem Operasi Dengan Kinerja Terbaik, Linux dan Ubuntu Membuntuti

NESABAMEDIA.COMSebuah pengujian menunjukkan bahwa Windows 11 terus menunjukkan diri sebagai sistem operasi dengan kinerja yang solid. Sementara Linux dan Ubuntu, mencoba terus membuntuti di belakangnya. 

Ketika Microsoft meluncurkan Windows 11 pada bulan Oktober tahun lalu, selain menjanjikan banyak sekali fitur baru dan perubahan antarmuka, salah satu nilai jual yang ditonjolkan Microsoft adalah masalah kinerja yang lebih baik dari Windows 10. 

Rupanya, janji tersebut mampu dipenuhi oleh Microsoft, dan menjadikan Windows 11 lebih baik dari Windows 10 yang lebih sering mendapatkan pembaruan dan perbaikan. Menjelang hadirnya pembaruan utama pertama Windows 11, yakni versi 22H2, sebuah pengujian terbaru menunjukkan bahwa Windows 11 masih menjadi sistem operasi dengan kinerja teratas. 

Puget System melakukan pengujian Windows 11 melawan Windows 10, Clear Linux dan Ubuntu 22 untuk melihat bagaimana perbandingan antar sistem operasi tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja dari Windows 11 terus mengalami peningkatan sepanjang 9 bulan setelah itu diluncurkan ke publik.

Tampaknya, platform Windows 11 semakin stabil kinerjanya, peningkatan yang kerap digembar-gemborkan oleh Microsoft memang terbukti. Windows 11 juga masih menjadi yang lebih baik dibandingkan rival sumber terbukanya. Namun, para pesaingnya itu bukannya diam, tetapi juga mencoba terus membuntuti Windows 11, dengan juga mengalami peningkatan kinerja.

Dalam pengujian, Puget Systems menggunakan parameter berikut ini:

Platform yang diuji :

  • Windows 11 Pro
  • Ubuntu 22.04 LTS
  • Ubuntu 22.04 LTS dengan Linux 5.18 kernel stabil
  • Intel Clear Linux 36580

Perangkat keras yang digunakan:

  • Intel Core i9 12900K
  • ASUS ROG STRIX Z690-E Gaming Wi-Fi Motherboard
  • Memori 2x 16GB DDR5-6000
  • 500GB WD_Black SN850 NVMe SSD
  • Radeon RX 6800 XT GPU

Jika Puget System menemukan Windows 11 berjalan dengan baik, tes terpisah dari Phoronix menunjukkan bahwa Linux dan Ubuntu mengalami peningkatan drastis. Dalam pengujian ini, hasilnya Windows 11 mengalami penurunan dalam hal kinerja secara rata-rata.

Sangat menarik untuk melihat peningkatan seperti apa yang dibuat Microsoft dengan pembaruan 22H2 nanti. Diharapkan Windows 11 akan mendapatkan peningkatan tajam dengan versi baru tersebut.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend