• Our Partners:

Fitur Penyuntingan Gambar di Microsoft Edge, Dianggap Bloatware

Fitur Penyuntingan Gambar di Microsoft Edge, Dianggap Bloatware

NESABAMEDIA.COMBloatware di Microsoft Edge terus berlanjut, dengan kemampuan untuk melakukan crop, penyuntingan dan perubahan ukuran foto di dalam browser, yang sekarang fitur ini masih menjalani pengujian oleh sejumlah pengguna Windows 11. 

Jika aplikasi Photos telah disegarkan untuk lebih selaras dengan desain Windows 11, mulai dari jendela dengan sudut membulat dan ikon-ikon yang diperbarui, Microsoft memutuskan bahwa anda seharusnya juga bisa melakukan hal yang sama (menyunting gambar) di dalam sebuah browser web. 

Tersedia di Build Canary untuk beberapa pengguna, namun tidak semuanya, build ini memungkinkan anda untuk mencoba fitur yang belum tersedia untuk pengguna publik.

Untuk menyunting gambar, anda bisa melakukan klik kanan pada sebuah gambar di dalam browser Edge, dan sebuah sidebar akan muncul, memungkinkan anda menambahkan filter, mengubah pencahayaan, memotong gambar dan lainnya. 

Mungkin ini menarik kedengarannya dan sangat membantu, namun bagi sebagian pengguna lainnya, Edge akan semakin memakan memori dan sumber daya perangkat PC mereka dengan keberadaan fitur penyuntingan gambar di dalam browser ini.

Belum lagi, nantinya Microsoft juga akan menambahkan kalkulator, penguji kecepatan internet dan konversi unit, yang akan dihadirkan sebagai fitur bawaan di dalam browser ke depannya. 

Setelah Windows 8, yang dibuat dalam metode desain ‘tanpa kompromi’, Microsoft sayangnya kembali ke mental tersebut dengan mengatakan tidak, untuk membuat aplikasinya menawarkan semua jenis fitur dalam berbagai bentuk dan ukuran. 

Tampaknya, Microsoft Edge seperti mengulang kesalahan pada Windows 8 sekali lagi, di mana mereka terlihat panik ketika kompetitornya menawarkan hal yang sama. Seperti Opera, yang mencoba menawarkan pengalaman terpadu dalam desain yang disederhanakan.

Ada juga Apple yang mencoba memastikan privasi mengarah di browser Safari-nya, dan Google yang memastikan bahwa aplikasi webnya berfungsi dengan sebaik mungkin di Chrome. 

Sementara itu, Edge masih mencoba mencari pijakan setelah Internet Explorer dipensiunkan oleh Microsoft beberapa waktu yang lalu. 

Meski demikian, kehadiran fitur penyuntingan gambar di Edge juga tidak ada salahnya. Pasalnya, kita berada di era di mana browser web harus mampu mendukung segala kebutuhan pekerjaan pengguna, mulai dari tugas sekolah sampai laporan perusahaan, dan tentu selalu ada kemungkinan gambar berperan serta dalam hal ini. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend