Tanda Baterai Smartphone Bakal Meledak Atau Menimbulkan Api

Tanda Baterai Smartphone Bakal Meledak Atau Menimbulkan Api

NESABAMEDIA.COMBaterai yang bisa diisi ulang ada di mana-mana. Anda bisa melihat di sekitar anda, dan mungkin anda akan menemukan setidaknya 5 perangkat yang memiliki baterai yang bisa diisi ulang. Meski jumlah ini cukup besar, dijamin bahwa baterai ini akan sangat aman dan jarang menimbulkan kebakaran. 

Walaupun demikian, ancaman bahaya itu masih tetap ada. Kabar baiknya, biasanya akan ada tanda-tanda yang muncul sebelum baterai itu berubah menjadi sebuah bola api dan meledak. Jika anda tahu tanda-tanda itu, anda mungkin bisa mengambil langkah-langkah antisipasi. Berikut ini beberapa tanda-tanda baterai smartphone akan meledak atau terbakar.

Pertama, ketika mengalami malfungsi, perangkat smartphone anda akan terasa sangat panas tidak wajar, ini adalah prinsip terjadinya overheat. Ini adalah tanda paling penting yang mengindikasikan bahwa sesuatu serius mungkin akan segera terjadi, yakni tanda bahwa baterai smartphone akan meledak. 

Tidak itu saja, perangkat smartphone juga akan mengalami pembengkakan baterai hingga menyebabkan kerusakan pada frame atau bingkai. Baterai yang bisa diisi ulang bisa membengkak secara dramatis, ketika itu sudah mulai mengalami kerusakan. Tidak hanya frame, itu juga bisa menekan layar smartphone.

Tanda lainnya adalah perangkat mungkin akan menyebarkan bau kimia yang tidak sedap. Penyebabnya mungkin bukan pada baterai, namun bau itu menjadi tanda bahwa perangkat harus segera diperiksa. Munculnya asap juga bisa menjadi tanda paling serius, baterai smartphone akan segera meledak. 

Perangkat mungkin akan mengalami masalah pengisian ulang. Ini bukan tanda pasti bahwa smartphone, laptop atau gadget anda lainnya akan meledak, namun ini menjadi tanda bahwa ada yang salah, dan pastikan untuk memeriksanya. Terakhir adalah munculnya cairan dari perangkat. Mungkin bukan baterai, namun ini juga menjadi tanda awal yang tidak bisa disepelekan.

Apabila perangkat smartphone meledak dan menimbulkan api, jangan siram dengan air, karena hal tersebut justru bisa memicu hal yang lebih buruk lagi. Yang perlu dicari adalah alat pemadam kebakaran.

Jika api yang muncul tidak terlalu besar, atau anda tidak memiliki akses ke alat pemadam kebakaran, anda bisa menutupi perangkat yang terbakar dengan peralatan anti api, seperti mangkok besi untuk mencegah api menyebar. Memanggil petugas pemadam kebakaran juga menjadi langkah yang sangat disarankan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend