Whatsapp Telah Terdaftar di PSE Kominfo

Whatsapp Telah Terdaftar di PSE Kominfo

NESABAMEDIA.COM – Desas-desus pemblokiran banyak layanan yang tidak mendaftarkan diri merek ke PSE semakin membuat masyarakat resah, khususnya aplikasi Whatsapp yang mana dinaungi oleh Meta. Setelah mendapatkan ancaman pemblokiran, akhirnya Whatsapp telah tercatat ke dalam aplikasi yang terdaftar di PSE, Kamis (21/7).

Dilansir dari CNN Indonesia, Whatsapp sendiri diketahui telah mendaftar kemarin pada 20 Juli, tepat satu hari dari tenggat waktu, di mana Whatsapp mendaftarkan diri mereka pada pukul 23:31 WIB. Whatsapp sebagai salah satu aplikasi dari Meta, kini telah resmi terdaftar di PSE.

Whatsapp telah mendapatkan rincian daftar mereka di PSE, di mana telah mendapatkan nomor registrasi 004994.06/DJAI.PSE/07/2022. Whatsapp yang telah terdaftar ini berlaku untuk layanan mereka, yang terdapat pada dua sistem operasi yang berbeda, yaitu Android dan iOS.

Whatsapp telah ditunggu kehadirannya, karena tidak kunjung mendaftarkan layanan mereka ke PSE Kominfo. Hal ini mengundang banyak keresahan, pasalnya Whatsapp menjadi layanan per pesanan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Kepopuleran Whatsapp memang telah menyebar hingga ke seluruh dunia, layanan ini sering dijadikan pilihan sebagai wadah untuk mengirimkan pesan dengan lebih cepat dan efisien. Belum lagi dengan fiturnya yang mampu melakukan panggilan suara dan video, tentunya memblokir Whatsapp akan menjadi hal yang cukup krusial.

Penggunaan Whatsapp menjadi pilihan yang tepat, untuk dijadikan sebagai layanan bisnis. Apalagi layanan ini telah memiliki layanan bisnis tersendiri, tidak heran banyak kekhawatiran dari sejumlah pihak.

Pihak Kominfo melalui Dedy Permadi telah menyatakan peringatan beberapa hari sebelum tenggat waktu, di mana memperingati Instagram, Facebook, dan Whatsapp, akan segera mendaftarkan layanan dan perusahaan mereka, hingga 20 Juli kemarin. Namun, hingga saat ini hanya Google yang nampaknya belum terdaftar.

“Kami telah melakukan komunikasi dengan pihak Meta Group, yang mana mereka mengatakan bahwa akan berkomitmen dan akan melakukan pendaftaran sebelum tanggal 20,” kata Dedy, Senin (18/7).

Dedy juga mengklaim bahwa Google akan melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Namun, seolah berbanding balik hingga hari terakhir tanggal 21 ini Google belum juga mengeluarkan tindakan untuk mendaftarkan layanan dan perusahaan mereka.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend