Akankah Nanti Smartphone Dijual Secara Batangan Tanpa Aksesoris

Akankah Nanti Smartphone Dijual Secara Batangan Tanpa Aksesoris?

NESABAMEDIA.COMApple menjadi sorotan publik ketika pada bulan Oktober 2020 memutuskan untuk tidak menyertakan charger adaptor dan aksesoris pendukung di paket penjualan smartphone iPhone mereka. Keputusan itu tidak hanya berlaku untuk iPhone 12 saja, tetapi semua perangkat iPhone yang akan datang. Samsung juga mengikuti langkah yang sama dengan Galaxy S21, memastikan bahwa langkah itu akan memberikan dampak yang begitu luas. 

Akankah langkah semacam itu menjadi kebijakan standar industri smartphone, dengan memaksa semua pemilik smartphone baru untuk membeli aksesoris dasar selain perangkat keras smartphone yang harganya juga semakin mahal?

Saat mengungkapkan iPhone 12, Apple mendapatkan sorotan tajam karena kebijakannya yang beralasan sebagai langkah pengurangan dampak lingkungan. Perangkat elektronik dalam bentuk apa pun membutuhkan mineral dan plastik yang menghilangkan sumber daya bumi yang terbatas, apalagi polusi yang dihasilkan oleh pabrik pembuatnya. 

Aksesoris yang lebih sedikit memungkinkan pengemasan juga lebih kecil, yang kemudian dianggap bisa menghemat sumber daya seperti pohon dan membuat proses pengiriman lebih efisien bagi lingkungan. Ini diimbangi sampai batas tertentu oleh bahan tambahan dan rantai pasokan yang dibutuhkan untuk aksesoris pihak ketiga, namun selama orang-orang tidak semakin banyak melakukan pembelian aksesoris, penilaian itu masih masuk akal. 

Namun kenyataanya adalah Apple dan Samsung tidak menawarkan adaptor charger secara gratis kepada pembeli yang membutuhkan. Mereka mematok harga penuh dan bahkan tidak mendiskon perangkat smartphone sebagai kompensasinya. Ini jelas bahwa masalah profit menjadi alasan utama mereka untuk mengambil langkah semacam itu. 

Mungkin langkah Apple dan Samsung itu tidak akan diadopsi oleh pabrikan smartphone lainnya. Bahkan beberapa pabrikan smartphone lainnya menilai langkah tersebut memiliki peluang persaingan tersendiri. 

Paket bundling adalah sebuah kesempatan emas, dan buktinya OnePlus Nord 2 tidak menghilangkan power adaptor dan colokan USB-C, bahkan mereka menambah sebuah case dan pelindung layar. Bahkan untuk pasar Perancis, mereka menambahkan earbud. Xiaomi memang tidak menyediakan adaptor charger, tetapi mereka menyediakannya secara cuma-cuma tanpa tambahan biaya meskipun tersedia secara terpisah. 

Langkah Apple dan Samsung tidak akan diikuti pabrikan smartphone lainnya dalam waktu dekat, namun mungkin pada jangka waktu yang lebih lama. Memang di masa depan nanti, keberadaan colokan dan kabel akan benar-benar hilang, dan itu terjadi ketika semua teknologi smartphone telah dengan baik mengadopsi teknologi nirkabel.

Leave a Reply

Send this to a friend