Alasan Kenapa Windows Tak Lagi Gunakan Startup Sound Yang Legendaris Itu

Alasan Kenapa Windows Tak Lagi Gunakan Startup Sound Yang Legendaris Itu

NESABAMEDIA.COMBagi mereka yang telah lama menggunakan sistem operasi Windows, mungkin sejak belasan tahun lalu, pasti akan ingat bagaimana saat menyalakan perangkat komputer akan terdengar suara khas dari sistem operasi tersebut. Mulai dari Windows versi 3.1 dan sampai dengan Windows 7, Microsoft selalu menghadirkan Startup Sound yang khas dan berbeda, namun kemudian menghilangkannya sejak Windows 8. 

Lalu mengapa Microsoft menghilangkan Startup Sound yang khas itu dan mengapa sekarang mencoba untuk menghadirkannya kembali? 

Jensen Harris salah seorang yang cukup lama bekerja di Microsoft sebagai Direktur Manajemen Program, menjelaskannya dalam sebuah video berdurasi cukup panjang. 

Video yang dibuat Jensen itu mempertontonkan sebuah sejarah Windows dengan cara yang menarik, mulai dari jaman Xerox di tahun 70-an, sampai dengan Windows 8, dan menjelaskan secara rinci riwayat penggunaan Startup Sound untuk Windows itu. 

Jensen tidak hanya membahas mengenai Startup Sound, tetapi juga membocorkan beberapa informasi yang mungkin tidak banyak orang yang tahu. Misalnya dia masih memiliki versi Windows 8 yang urung dirilis oleh Microsoft.

Ada banyak sekali cerita menarik dalam video yang dikemas sebagai tayangan berdurasi 15 menit di Youtube itu. Namun kembali ke masalah penggunaan Startup Sound dan mengapa Microsoft menghilangkannya, rupanya hal tersebut memiliki banyak sekali alasan. 

Jensen menjelaskan bahwa alasan utamanya adalah karena waktu dan zaman yang tentunya terus mengalami perubahan, dan Microsoft ingin bisa terus mengikuti perkembangan zaman itu. Tentunya, mereka yang telah lama menggunakan Windows, pasti memiliki kenangan tersendiri di setiap Startup Sound yang digunakan Microsoft itu.  

Lalu apakah Startup Sound itu layak untuk kembali digunakan di Windows berikutnya, misal di Windows 11? Tentu hal ini sepenuhnya wewenang dari Microsoft untuk menghadirkannya kembali atau tidak. Namun akan lebih menarik jika kemudian Microsoft menerapkan Startup Sound yang ikonik itu untuk muncul lagi saat pengguna menyalakan perangkat PC mereka. 

Ini bukanlah sebuah hal yang buruk, mengingat hal yang sama juga pernah dilakukan oleh Apple yang kembali menghadirkan Startup Sound di perangkat laptop mereka, setelah mematikannya pada tahun 2016 lalu.

Leave a Reply

Send this to a friend