Cara Menarik Pesan di WhatsApp yang Telah Terkirim / Salah Kirim dengan Mudah

Sebelum zaman teknologi seperti sekarang, orang yang ingin mengirim SMS akan berpikir dua kali untuk mengirim pesannya. Apalagi jika operator yang dipilih pelit bonus dan akan dikenakan biaya yang cukup mahal pula. Sejak muncul aplikasi chatting, mulailah satu per satu telah meninggalkan SMS dan segera beralih ke aplikasi pesan instan. Salah satunya WhatsApp yang sangat populer dan dengan pengguna terbanyak tak hanya di Indonesia saja, namun di beberapa negara lain juga. Biaya WhatsApp yang gratis, membuat penggunanya dapat secara bebas dalam berkirim pesan. Tak perlu memikirkan biaya pulsa yang keluar seperti SMS, aplikasi pesan instan ini hanya cukup menggunakan koneksi internet saja. Kabar baiknya lagi, koneksi internet yang dibutuhkan tidak harus kencang.

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada akhir Oktober, pengguna WhatsApp sempat euforia saat fitur unsend telah diresmikan. Pasalnya, tidak jarang beberapa dari pengguna WhatsApp yang sering salah kirim pesan secara sengaja maupun tidak sengaja. Fitur unsend itu sendiri dapat menarik kembali pesan yang telah Anda kirim dengan waktu paling lama selama 7 menit. Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang sedang tidak fokus. Apalagi saat Anda sedang dalam masa labil atau mood yang sedang naik dan turun. Akibatnya, pesan yang ditulis malah dapat membuat Anda malu sendiri atau bahkan malah menyakiti perasaan teman chat Anda.

Mungkin sebelum adanya fitur menarik pesan ini, Anda akan langsung mengatakan kepada teman chatting bahwa Anda telah salah kirim pesan. Walaupun telah meminta maaf, namun terkadang pesan yang Anda kirim dapat menjadi boomerang bagi Anda sendiri. Hadirnya unsend ini merupakan fitur yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna WhatsApp sejak lama. Artikel ini akan membahas bagaimana cara menarik pesan yang telah terkirim di WhatsApp. Simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Pertama-tama, buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Anda. Disarankan agar aplikasi WhatsApp Anda sudah Anda update/perbarui ke versi yang terbaruĀ agar fitur unsend ini dapat Anda gunakan.

2. Kemudian buka pesan yang ingin Anda tarik kembali. Pesan ini harus baru terkirim paling lama selama 7 menit.

3. Selanjutnya, tap dan tekan/tahan lama pada area pesan tersebut hingga muncul ikon-ikon back/kembali, star/bintang, info, dan delete/tong sampah.

4. Lalu pilih ikon delete/hapus seperti gambar yang telah dilingkari warna merah di bawah ini.

cara menarik pesan di whatsapp yang sudah terkirim

5. Akan muncul dialog box untuk konfirmasi pesan yang ingin Anda tarik. Terdapat tiga pilihan, yaitu deleted for me atau hapus dari perangkat Anda saja, cancel atau membatalkan, deleted for everyone atau hapus dari setiap orang. Pilih deleted for everyone untuk menarik pesan yang telah salah Anda kirim dari semua orang.

cara menarik pesan di whatsapp yang sudah terkirim

6. Jika langkah di atas sudah Anda ikuti dengan tepat, maka cara menarik pesan di WhatsApp sudah berhasil. Akan muncul tulisan you deleted this message (kamu telah menghapus pesan ini) seperti gambar yang telah diberi kotak warna merah di bawah ini.

Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Ternyata menarik pesan yang salah kirim di WhatsApp sangat mudah bukan? Nah, ada baiknya jika saat chatting Anda dalam kondisi yang fokus sehingga antara jari dan pikiran Anda akan sinkron dan tidak memalukan diri Anda sendiri atau membuat Anda menyesal.

Pesan yang tidak sengaja Anda kirim mungkin akan sempat terbaca oleh teman chat Anda walaupun pesan tersebut sudah Anda tarik kembali. Oleh karena itu, yuk hati-hati dalam berkirim pesan dan baca ulang pesan yang akan Anda kiri. Semoga artikel cara menarik pesan di WhatsApp ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply