3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Terbukti Ampuh

Pasti diantara kita pernah saat sedang browsing muncul iklan yang mengganggu di Android kan? Kejadian seperti ini pastinya sangat mengesalkan karena membuat browsing atau aktivitas lainnya di Android menjadi tidak nyaman. Jika sebuah halaman website menampilkan iklan itu adalah hal yang wajar, tapi jika iklan muncul secara tiba-tiba tentu itu akan sangat mengganggu.

Selain membuat kita tidak nyaman, munculnya iklan pop up secara tiba-tiba juga menandakan bahwa Android kita sedang terserang malware/adware.

Beberapa ciri Android yang sudah terkena malware adalah munculnya iklan pop-up, halaman depan Google Chrome yang sering berubah, ekstensi Google Chrome yang tidak diinginkan muncul kembali, dan adanya peringatan tentang virus.

3 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

Nah, jika iklan pop up sudah mulai muncul di Android Anda. Lebih baik secepatnya Anda menghapus iklan tersebut. Karena jika terlalu lama Anda membiarkannya bisa saja Android Anda terserang virus dan akhirnya rusak. Lalu, bagaimanakah caranya untuk menghilangkan iklan di Android? Langsung saja simak langkah – langkah cara menghilangkan iklan di HP android dibawah ini.

1. Uninstall Aplikasi yang Memunculkan Iklan Mengganggu

Iklan yang muncul di Android bisa saja dikarenakan aplikasi – aplikasi yang Anda download. Para pengguna Android senang sekali bereksplorasi dengan menginstall berbagai macam aplikasi, baik menginstall melalui Google Play Store yang resmi ataupun menginstall melalui website yang tidak resmi.

Nah, sayangnya mungkin Anda tidak tahu jika didalam aplikasi – aplikasi tersebut berisi banyak iklan yang mengganggu aktivitas Anda di Android. Jika sudah seperti itu, solusinya adalah dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Baik itu menghapus aplikasi aktif ataupun aplikasi yang sedang berjalan dan mencurigakan. Setiap Anda menghapus satu aplikasi, coba Anda restart perangkat Anda seperti biasa untuk melihat apakah aplikasi yang Anda hapus tadi sudah menyelesaikan masalah. Setelah menghapus dan menemukan aplikasi yang bermasalah, Anda bisa mengunduh kembali aplikasi lainnya yang sudah dihapus.

2. Gunakan Browser Tertentu

Selain dengan cara meng-uninstall aplikasi yang mengganggu, Anda juga bisa menghilangkan iklan melalui browser HP Anda misalnya Google Chrome atau Brwoser bawaan HP. Langsung saja simak langkah – langkah  dibawah ini.

1. Pertama, silahkan Anda buka Google Chrome di HP Anda.

2. Kemudian, silahkan Anda klik ikon 3 titik yang ada di pojok kanan Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghilangkan iklan di android

3. Kemudian, silahkan Anda klik Settings. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik settings

4. Lalu, silahkan Anda klik Site Settings. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghilangkan iklan di android terampuh

5. Kemudian, silahkan Anda klik Pop-ups and redirects, pastikan pop-ups terblokir. Seperti pada gambar dibawah ini.

pop ups dan redirects

6. Selesai.

Jika Anda menggunakan browser lain, Anda bisa mengikuti cara dibawah ini. Silahkan simak langkah dibawah ini.

1. Silahkan Anda buka browser HP Anda.

2. Kemudian, silahkan Anda klik ikon 3 garis yang berada di pojok kanan bawah Anda. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android

3. Kemudian, silahkan Anda klik Settings. Seperti pada gambar dibawah ini.

klik settings

4. Kemudian, silahkan Anda scroll dan temukan Block pop-ups, silahkan Anda ceklis pada block pop-ups. Seperti pada gambar dibawah ini.

cara menghilangkan iklan di android untuk pemula

5. Selesai.

3. Scan HP dari Malware / Adware yang Mengganggu

Cara lain untuk menghilangkan iklan di Android adalah dengan men-scan HP Anda dari Malware atau Adware yang mengganggu. Android zaman sekarang sudah banyak mempunyai fitur scannya sendiri tanpa mendownload aplikasi scan lainnya dari Google Play Store.

Namun, jika HP Anda tidak mempunyai fitur scan, Anda bisa mendownload aplikasi lainnya seperti Avast Mobile security, Avira, AVG Antivirus, dan lain sebagainya. Dengan melakukan scan di Android Anda secara berkala, adware / malware yang mengganggu bisa terhapus dari HP Anda.

Sekian tutorial kali ini tentang cara menghilangkan iklan di HP android dengan mudah. Semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat. Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Send this to a friend