Download Defraggler 2.22.995

Download Defraggler terbaru dan gratis Developer: Piriform
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 6MB


Kemampuan Defraggler sebagai sebuah software defragmentasi hardisk jauh mengungguli fitur defragmentasi yang disediakan oleh Windows. Sebagai contoh, Defraggler mampu memilih file atau folder untuk didefrag. Proses defragmentasi juga dapat dihentikan Defraggler secara otomatis jika memakan waktu yang lebih lama dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Defraggler dikembangkan oleh Piriform, dan setiap software buatan Piriform memiliki karakteristik cepat dan ringan. Hal ini bisa dilihat ketika anda menjalankan Defraggler. Loading cepat and proses defragmentasinya tidak terlalu membebani sistem sehingga masih memungkinkan untuk melakukan multitasking.

Kegunaan dan Fitur Defraggler

Download Defraggler terbaru dan gratis

Tampilan Defraggler

Setelah layar utama Defraggler tampil, anda dapat langsung melihat kondisi kesehatan hardisk. Didalamnya juga ada menu tersendiri yang memuat informasi yang lebih mendetail mengenai hardisk yang anda pakai, termasuk kondisi dan temperaturnya saat itu.

Harddisk juga dapat didefrag saat itu juga dengan memilih partisi yang ingin diproses. Tersedia opsi untuk memproses lebih dari satu partisi namun proses defragmentasinya tidak akan berjalan secara serentak. Setiap partisi akan didefrag secara bergantian.

Defraggler juga akan menampilkan pesan peringatan jika ruang hardisk yang tersisa kurang dari 10%. Proses defragmentasi masih bisa dilakukan pada kondisi tersebut tapi hasilnya tidak optimal dan mungkin akan memakan waktu yang lebih lama.

1. Quick Defrag

Fitur selanjutnya dari Defraggler adalah fitur yang dapat mempercepat proses defragmentasi. Namanya adalah Quick Defrag. Fitur ini akan memproses setiap file kecuali file-file tertentu yang ukuran dan tingkat fragmentasinya lebih besar atau lebih kecil daripada batasan yang sudah ditentukan. Secara default batasan tersebut sudah ditetapkan oleh Defraggler tapi anda juga bisa mengubahnya sesuai keinginan melalui opsi Custom rules.

Jika anda ingin proses defragmentasi yang lebih cepat lagi, tersedia fitur untuk mengabaikan file dan folder tertentu agar tidak disertakan dalam defragmentasi. Semakin banyak file dan folder yang diabaikan, maka defragmentasi juga akan semakin cepat.

Cara lain untuk mempercepat defragmentasi adalah dengan memilih file dan folder secara spesifik untuk didefrag. Hal ini bisa dilakukan melalui layar utama Defraggler atau melalui menu konteks Windows. Jika anda sedang membuka File Explorer atau software pengelola file lainnya semacam Q-dir, anda bisa mengklik-kanan pada file atau folder lalu memilih opsi yang disediakan Defraggler. Anda bisa memilih beberapa file sekaligus dan semuanya akan didefrag saat itu juga tanpa membuka layar utama Defraggler.

2. Schedule

Fitur lain yang membuatnya lebih superior daripada disk defragmenter milik Windows adalah fitur Schedule. Fitur ini mampu menjalankan defragmentasi secara rutin dalam basis harian (setiap hari, dua hari sekali, empat hari sekali, dan seterusnya), mingguan dan bulanan.

Tersedia pula opsi-opsi khusus lainnya seperti opsi untuk memulai defrag hanya ketika tingkat fragmentasinya sudah mencapai sekian persen, membatalkan defrag ketika laptop menggunakan baterai, dan lain-lain.

Download Defraggler Terbaru

Singkat kata, Defraggler memiliki semua fitur yang anda perlukan untuk melakukan defragmentasi hardisk dan sejumlah fitur ekstra yang tidak kalah bagusnya seperti pengecekan kondisi kesehatan hardisk dan laporan yang menyajikan data statistik penggunaan Defraggler.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan Defraggler, anda bisa menginstallnya atau memilih versi portabelnya jika ingin menjalankannya dari perangkat USB. Download Defraggler terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Sending
User Review
5 (3 votes)

Leave a Reply

Send this to a friend