Download Joplin Terbaru

Download Joplin 1.0.169

Download Joplin Terbaru Developer: Joplin
OS: Windows
Lisensi: Freeware
Ukuran: 105MB



Saat ini sudah banyak software yang didedikasikan untuk menyimpan catatan dan informasi lainnya. Salah satu pelopornya adalah Evernote yang kemudian diikuti oleh kemunculan software-software lainnya seperti Joplin yang memiliki lisensi open source.

Keuntungan menggunakan Joplin dibandingkan Evernote antara lain tidak adanya batasan jumlah device yang bisa disinkronkan dan jumlah note yang bisa dibuat, serta kapasitas penyimpanan note tergantung sepenuhnya pada cloud storage yang anda pilih.

Fitur dan Keunggulan Joplin

Download Joplin Terbaru

Tampilan Joplin Terbaru

Joplin memuat tiga panel yang terdiri dari sidebar yang berisi notebook, note list yang menampilkan daftar catatan, note editor untuk mengedit catatan, dan note viewer untuk melihat hasil pengeditan secara real time. Untuk membuat catatan, sebelumnya anda harus membuat notebook terlebih dulu. Notebook ini merupakan salah satu metode yang disediakan untuk mengorganisir catatan. Anda juga bisa membuat subnotebook.

Kekurangannya, tidak ada opsi baik itu berupa shortcut maupun tombol untuk membuat subnotebook. Subnotebook hanya bisa dibuat dengan metode drag and drop. Jadi, notebook yang digeret ke notebook lainnya akan menjadi subnotebook.  Sebagai contoh, notebook B akan menjadi subnotebook jika ditarik ke dalam notebook A.

Joplin mendukung Markdown. Jika anda menyorot sebuah kata lalu mengklik tombol B pada editor, maka kata tersebut akan diapit oleh tanda asterisk. Sedangkan di bagian note viewer, anda bisa melihat kata tersebut dalam kondisi dipertebal. Ini hanyalah salah satu contoh penulisan Markdown yang bisa anda coba di dalam Joplin.

Setiap catatan dapat disinkronkan dengan interval waktu yang bisa diatur mulai dari yang paling singkat yaitu sekali setiap 5 menit hingga yang paling lama yaitu sekali dalam 24 jam. Layanan cloud storage yang didukung Joplin antara lain Dropbox, Webdav, OneDrive dan NextCloud. Tentunya anda harus sudah punya akun di website-website tersebut untuk bisa menyinkronkan catatan.

Selain informasi berupa catatan anda sendiri, Joplin juga dapat menyimpan informasi berupa halaman web yang diambil dengan menggunakan web clipper atau melalui copy paste. Web clipper ini tersedia sebagai ekstensi untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Untuk mengaktifkan web clipper tersebut, terlebih dulu anda install ekstensinya sesuai dengan browser yang anda pakai. Selanjutnya, aktifkan Web Clipper Service di dalam Options agar ekstensi tersebut dapat berinteraksi dengan Joplin. Beberapa mode clipping yang disediakan antara lain clip simplified page dan clip complete page untuk menyimpan halaman web dalam format markdown. Halaman web juga dapat disimpan secara utuh dalam format HTML.

Download Joplin Terbaru

Selain itu, clip selection digunakan untuk menyimpan bagian halaman yang disorot, clip screenshot untuk menyimpan screenshot, dan clip URL untuk bookmark halaman. Saat clipping anda bisa memilih notebook yang akan digunakan untuk menyimpan serta memberi tag untuk mengorganisir halaman tersebut. Download Joplin terbaru dan gratis melalui link dibawah ini:

Muchammad-Zakaria-Nesabamedia

Founder dan Chief Editor di Nesabamedia.com. Lebih suka nonton film ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Leave a Reply

Send this to a friend