Facebook Ungkap Rencana Besar Untuk Perangkat Wearable Berbasis AR

Facebook Ungkap Rencana Besar Untuk Perangkat Wearable Berbasis AR

NESABAMEDIA.COMFacebook sedang mendiskusikan rencana mereka untuk mengembangkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam jangka waktu selama 10 tahun ke depan.

Facebook berharap untuk bisa memanfaatkan perangkat yang bisa dikenakan (wearables) seperti kacamata untuk menciptakan sebuah interaksi yang mulus dan lancar dengan lingkungan sekitar pengguna. Mereka pun akan mengungkap setiap perkembangan dari rencana tersebut mulai akhir tahun ini.

Belakangan, Facebook dirumorkan sedang mengembangkan beberapa perangkat wearable, termasuk di antaranya adalah sepasang kacamata dan juga jam tangan pintar. Mungkin apa yang akan dilakukan oleh Facebook dengan perangkat wearable itu sudah bisa ditebak oleh banyak orang. Beberapa bahkan mungkin akan mencemooh gagasan jam tangan pintar yang akan dibuat oleh Facebook itu. Mungkin apa yang dilakukan Facebook tersebut dianggap sebuah ide yang gila, setidaknya jika mereka berhasil mewujudkan ide besar mereka itu. 

Pekan lalu, Facebook akhirnya mengungkap rencana jangka panjang mereka untuk menciptakan sebuah perangkat wearable yang akan menggunakan teknologi AR. Dalam sebuah unggahan blog mereka, Facebook menjelaskan bagaimana rencana mereka itu bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah interaksi antara manusia dengan komputer yang jauh lebih alami. 

Kepala Ilmuwan Facebook Reality Labs (FRL), Michael Abrash menjelaskan bahwa teknologi jenis ini perlu untuk bisa berbaur secara mulus dengan apa pun yang dilakukan pengguna dengan menggambar konteks dari apapun yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. 

“Agar teknologi AR benar-benar bisa ada dimana-mana, pengguna memerlukan teknologi dengan tingkat friksi yang sangat rendah, bisa selalu tersedia dengan begitu intuitif sehingga bisa benar-benar menjadi perpanjangan dari tubuh manusia. Kita perlu untuk menciptakan jenis antarmuka yang benar-benar baru, yang akan menempatkan kami di pusat komputasi dunia,” katanya. 

Mereka kemudian mencontohkan sebuah skenario dari teknologi AR yang disematkan dalam perangkat kacamata pintar dan sebuah gelang yang akan membantu pemakainya bisa berinteraksi secara halu dengan sekeliling ketika memasuki sebuah kedai kopi.

Kacamata pintar itu akan menawarkan pemakainya menu favorit mereka, secara otomatis kemudian menyesuaikan tingkat kebisingan di ruangan sekitar untuk membantu pengguna lebih fokus dalam berkomunikasi dengan server, dan menampilkan sebuah layar dan keyboard virtual untuk melakukannya. 

Sangat menarik untuk bisa melihat bagaimana perangkat wearable pertama Facebook itu bisa membawa perusahaan lebih dekat dengan visi mereka untuk menciptakan masa depan yang berbasis AR. Hal ini bukanla sebuah kemustahilan, mengingat adanya teknologi VR seperti Oculus Quest 2 yang kemudian bisa dipelajari lebih lanjut untuk membawa perangkat wearable ke tingkat berikutnya. 

Rumor juga menyebutkan bahwa jam tangan pintar yang akan datang kemungkinan akan menggunakan Wear OS, yang berarti mungkin kita akan melihat salah satu jam tangan pintar Android terbaik yang dihadirkan Facebook tahun depan. 

Leave a Reply

Send this to a friend