Fitur Performance Detector Segera Hadir di Microsoft Edge

Fitur Performance Detector Segera Hadir di Microsoft Edge

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Edge untuk Windows 11 dan 10 diatur untuk bisa bekerja dengan lebih cepat lagi, berkat adanya alat baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan debug masalah terkait kinerja.

Browser itu memang sering dikeluhkan berjalan lebih lambat dari biasanya, jika anda membuka terlalu banyak tab dengan fitur seperti Sleeping Tab dimatikan. Untuk membantu pengguna memahami lebih baik masalah kinerja, Microsoft kini mengembangkan fitur baru bernama Performance Detector. 

Microsoft Edge yang akan datang bertujuan untuk mendeteksi masalah kinerja dan merekomendasikan tindakan kepada pengguna di Windows 10 dan 11. Fitur ini merupakan tambahan dari Efficiency Mode bawaan Microsoft Edge yang bertujuan untuk memberikan keuntungan kepada pengguna dibandingkan penawaran dari pesaing mereka seperti Google Chrome atau Firefox. 

Dengan Efficiency Mode, Microsoft berencana untuk mengoptimalkan kinerja dan daya tanggap web, yang dicapai dengan mengurangi penggunaan CPU, RAM maupun baterai. Fitur ini menggunakan Sleeping Mode bawaan untuk mengatasi masalah kinerja dan memberikan keuntungan kepada pengguna yang menjalankan beberapa tab browser di samping aplikasi atau game lain yang juga aktif. 

Fitur eksperimental terbaru Microsoft Edge itu disebut Performance Detector dan akan mendeteksi masalah kinerja yang disebabkan oleh tab yang terbuka, ekstensi dan lainnya.

“Saat fitur ini aktif, browser akan mendeteksi masalah kinerja tab dan merekomendasikan tindakan untuk memperbaikinya,” ungkap Microsoft dalam informasi yang ada di halaman pengaturan Edge Canary. 

Belum jelas bagaimana fitur ini akan bekerja, tetapi ada kemungkinan bahwa Edge akan memberi tahu pengguna ketika tab tertentu secara aktif menggunakan sumber daya dan fitur seperti Sleeping Tab dinonaktifkan. 

Demikian pula, Microsoft Edge akan mendeteksi potensi masalah dengan ekstensi dan fitur browser lainnya, dan merekomendasikan tindakan kepada pengguna. Microsoft tidak akan membuat perubahan pada browser dan hanya saran yang akan ditawarkan kepada pengguna, yang berarti pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan tindakan yang disarankan oleh fitur tersebut. 

Selain fitur Performance Detector, Microsoft juga melakukan pengujian pada tombol mode layar penuh baru untuk Microsoft Edge. Sebuah mode layar penuh baru akan bisa diaktifkan dari layar tampilan PDF, dan fitur itu akan menyembunyikan toolbar dan menyesuaikan dokumen untuk memenuhi layar. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend