YouTube-Music-Icon

Google Berikan Akses ubah Icon Tema YouTube Music

NESABAMEDIA.COM – Pengguna Android 13 terlihat diberikan sesuatu yang menarik melalui fitur tema mereka, pasalnya fitur tersebut dapat dengan mudah mengubah icon dari setiap aplikasi yang terpasang di ponsel mereka. Minggu ini, YouTube Music mendapatkan akses yang sama untuk mengubah gaya dari icon aplikasi, Selasa (96/09).

Untuk mereka yang telah menggunakan versi Android 13 sebagai sistem operasi di ponsel, maka akses perubahan icon sesuai tema ini bisa langsung dipilih sebagai bagian dari personalisasi ponsel mereka. Sebelumnya, meskipun pengguna telah menerapkan mode terang dan gelap, mereka tidak dapat mengubah tema dari icon aplikasi.

Namun kini, dengan pembaruan Android 13 maka semuanya dapat berubah bahkan untuk mereka yang tidak memasang aplikasi bawaan. Sebut saja seperti YouTube Music, yang mana kini telah mendapatkan pembaruan tema icon pada sistem Android 13 langsung.

Pengguna yang sering menerapkan mode gelap akan mendapatkan perubahan icon seperti halnya aplikasi bawaan lainnya, YouTube Music akan mengubah tema icon menjadi Monochrome, yang mana sesuai dengan mode gelap itu sendiri. Cukup menarik bukan? Tidak ada lagi tema icon mencolok ketika mengubah mode gelap.

Khusus untuk pengguna Pixel, karena sebelumnya mereka tidak dapat menerapkan hal serupa dengan menjalankan program di Android 12, maka di Android 13 ini semuanya bisa kembali diakses untuk memperindah tampilan ponsel mereka. Karena memang sistem Android 13 mendukung perubahan tema termasuk icon-nya langsung.

YouTube-Music-icon-old

Icon Lama YouTube Music di Android 13

YouTube-Music-icon-new

Icon Baru YouTube Music di Android 13

Menurut Android Police, ada beberapa perubahan yang sangat kecil dan bahkan mungkin tidak disadari pengguna Android 13 yang mengubah tema mereka. Lingkaran yang membungkus icon dari YouTube Music terlihat lebih berbeda, sebelum diubah akan memiliki lingkaran yang berjarak sedikit jauh. Tetapi, ketika telah mengubahnya maka jarak ini menjadi menipis.

Tetapi, perubahan yang dihasilkan dari perubahan mode gelap dan terang ini tidak terlalu kelihatan, maka dari itu tidak menjadi masalah yang berarti. Google tetap menggunakan icon mereka sebagai layanan YouTube Music yang mencerminkan layanan YouTube itu sendiri.

Sangat disayangkan karena sistem tidak bisa mengubah semua aplikasi dengan fitur mereka, hanya beberapa saja termasuk layanan YouTube Music itu sendiri. Aplikasi yang tidak dikembangkan oleh Google, sebagian besar tidak akan mendapatkan perubahan tema icon dari mode gelap dan terang.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend