• Our Partners:

Google Calendar

Google Hapus Fitur Goals di Calendar

Sejak dirilis pada April 2026 silam, layanan Google Calendar telah dirilis untuk pengguna Android dan iOS, juga fitur Goals yang memungkinkan pengguna untuk membuat daftar kegiatan rutin. Hari ini, Google resmi menghapus fitur Goals di Calendar, Jumat (04/11).

Sejak kemarin, Kamis (03/11/2022) Google dengan resmi telah menghapus fitur Goals dari FAB mereka, yang mana kemampuan mengatur jadwal harian sudah tidak bisa diakses dan kemungkinan besar fitur Reminder juga akan berlaku sama.

Mengenai hal ini, Goals yang dihapus tidak diberikan alasan yang jelas dan berbeda dengan Reminder yang dihapus karena akan dipindahkan ke Google Tasks dan integrasi dengan Google Assistant.

Goals Google Calendar is Gone

Goals yang Hilang

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, fitur Goals telah resmi hilang dari layanan Google Calendar yang mana hanya tersisa fitur Task, Reminder, Event dan Out of Office. Lantas bagaimana ketika pengguna ingin membuat daftar kegiatan? Google dengan jelas menyarankan untuk menggunakan fitur Event, seperti informasi di bawah ini:

google-calendar-goals-official

Peringatan Google

Fitur Event sepertinya memang ditujukan untuk mengganti fitur Goals, yang mana Google telah menyempurnakan fitur ini dengan maksimal untuk disesuaikan dengan kegiatan rutin harian Anda.

Ketika memilih fitur Event, maka pengguna akan langsung disuruh untuk memilih kegiatan seperti pilihan Exerciseuntuk mereka yang ingin berolahraga ringan, Build a skill untuk mereka yang ingin belajar hal baru, Me time untuk memberikan waktu luang dengan membaca dan jalan-jalan, Family & Friends untuk menyisihkan waktu bersama keluarga.

Google Hapus Fitur Goals di Calendar

Fitur Event yang Mirip Goals

Setelah akhirnya mengatur semua pilihan ini, maka Google akan menyimpan dan memberikan icon bendera yang unik di Calendar. Fitur Event bisa digunakan seperti halnya ketika kita menggunakan fitur Goals dulu.

Untuk menggunakan fitur ini, maka pengguna bisa langsung melakukan pembaruan terlebih dahulu yang mana telah resmi dirilis oleh Google pada hari ini. Fitur Event ini bisa disimpan namun tidak dapat diulang secara otomatis, pengguna harus mengatur tujuan mereka kembali setelah Goals berhasil dilakukan.

Google Hapus Fitur Goals di Calendar

Track Goals di Fitur Event

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pengguna nantinya bisa melihat Track Goals mereka selama menetapkan jadwal tadi. Jadi, pengguna akan diberikan sejumlah data jika mereka memang telah berhasil melaksanakan Goals sesuai pencapaian yang mereka buat.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend