Google Siapkan Solusi Sekali Klik Jadikan Chrome Browser Default di Windows

Google Siapkan Solusi Sekali Klik Jadikan Chrome Browser Default di Windows

NESABAMEDIA.COMGoogle ingin agar pengguna Windows bisa memiliki akses yang lebih baik ke browser Chrome mereka. Oleh karena itu, perusahaan mesin pencari itu sedang mengerjakan sebuah cara baru untuk membuatnya menjadi lebih mudah lagi untuk menyetel Chrome sebagai browser default di perangkat Windows. 

Ditemukan oleh pengguna Reddit dengan akun Leopeva64-2, ada sebuah keterangan di Chromium Gerrit yang menampilkan sebuah pengaturan baru bagi pengguna untuk menjadikan Chrome sebagai browser default di Windows dalam sekali klik.

Chrome telah menjadi sebuah browser yang paling dominan antar platform, termasuk Windows, dengan sekitar 80% pangsa pasar. Dalam kondisinya sekarang ini, browser Chrome bisa diatur sebagai browser default di Windows, menempatkannya sebelum Edge yang dimiliki oleh Microsoft itu sendiri.

Namun, untuk bisa menjadikan Chrome sebagai browser default di Windows, pengguna saat ini diharuskan menuju ke pengaturan di Chrome dan kemudian beralih ke aplikasi Settings di Windows. Meskipun ini tampaknya tidak menghentikan pengguna untuk mengadopsi Chrome sebagai browser Windows pilihan mereka, ini adalah langkah yang cukup rumit bagi sebagian pengguna.

Ada juga fakta bahwa Microsoft Edge dilaporkan telah mengalami peningkatan pangsa pasar. Google pun berupaya memudahkan pengguna untuk memilih Chrome, dengan mengadopsi cara yang dipakai oleh Firefox, peramban dari Mozilla yang juga berada di urutan ketiga browser populer, yang memiliki solusi sekali klik.

Solusi Sekali Klik

Google saat ini sedang mengembangkan metode yang sama seperti yang dilakukan Mozilla dengan Firefox-nya. 

“Menjadikan Chrome sebagai browser default. Fungsi ini akan bisa bekerja melalui protokol URL dan asosiasi file yang terkait dengan browsing umum, misalnya http, https, html dan lainnya, serta secara langsung mengatur entri registri yang relevan untuk masing-masing,” bunyi informasi dalam Chromium Gerrit.

Google tidak menjelaskan kapan waktu dari pengaturan menjadikan browser default di Windows dalam sekali klik ini dikirimkan ke Chrome. Yang jelas, fitur ini akan terlebih dahulu mendarat ke saluran pratinjau, sebelum akhirnya nanti dikirimkan ke saluran publik. Diperkirakan itu akan terjadi pada beberapa bulan ke depan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend