• Our Partners:

Hangout by Google, Resmi Berhenti Hari Ini

Hangout by Google, Resmi Berhenti Hari Ini

Dua bulan yang lalu, Google telah memberikan informasi menarik mengenai keputusan mereka yang akan menghentikan layanan Hangout. Hari ini, Google secara resmi mengumumkan bahwa layanan Hangout telah berhenti beroperasi, Kamis (03/11).

Bulan Agustus kemarin, Google sempat memberikan kabar mereka bahwa layanan Hangout akan berhenti beroperasi. Keputusan Google ini didukung karena mereka telah memiliki rencana yang matang untuk menggantikannya dengan platform lain.

Google sendiri memang memberikan fokus mereka untuk pengembangan layanan Google Chats, yang mana memiliki fitur yang sebagian besar ada di Hangout namun dalam versi yang lebih lengkap. Menghindari ketimpangan, akhirnya Google memutuskan untuk menutup Hangout.

Jauh-jauh hari, pengguna Hangout dari Google memberikan informasi mengenai berhentinya aplikasi dan layanannya melalui pesan langsung di Hangout dan email. Google telah mengirimkan ratusan ribu pesan ke pengguna Hangout mengenai hal ini.

Setelah akhirnya masa peralihan ini cukup memakan waktu yang lama, di mana pada akhirnya pengguna Hangout pindah ke Chats. Hari ini Google secara resmi mengatakan telah menutup operasi dan layanan dari Google Hangout.

Jika kita mengakses laman resmi dari Hangout, maka kita tidak akan menemukan apa-apa. Ekstensi dari layanan Hangout bahkan akan dialihkan ke layanan Chats, Google sendiri memang telah mengatakan bahwa semua pesan yang ada di Hangout akan disimpan oleh pengguna.

Jadi, pengguna yang memilih mencadangkan Hangout mereka akan mendapatkan sejumlah data yang isinya pesan dan data lainnya. Kemudian ini bisa diimpor di aplikasi Chats untuk memulihkan data-data penting tadi.

Cadangan data ini masih bisa dilakukan sampai sekarang, pengguna bisa langsung mencadangkan pesan melalui layanan Google Takeout. Pengguna akan diberikan waktu paling lambat sampai 1 Januari 2023 nanti sebelum akhirnya tidak dapat mencadangkan pesan.

Keputusan Google terlihat memang telah bulat, mereka ingin menghadirkan platform yang lebih mudah digunakan dengan fitur dan integrasi yang lebih baik, dan Google Chats menjadi jawabannya.

Pengembangan lebih lanjut juga diberikan oleh Google, yang saat ini sedang menciptakan ekosistem operasi yang terintegrasi dengan baik, tentu akan memberikan kemudahan untuk penggunanya.

Bagaimana menurut Anda? Jika Anda pengguna Hangout, tuliskan pengalaman menggunakan platform ini di kolom komentar ya.

Editor: Hudalil Mustakim

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend